Jawabanmu

2014-05-18T22:22:15+07:00
Pertama dari air dan co2 masuk
dibantu oleh klorofil dan sinar matahari
jadilah hasil nya yaitu oksigen dan karbohidrat
2014-05-18T22:33:37+07:00
Oleh Julius Von Sachs

pada tahun 1860, Julius membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan amilum, caranya daun yang sebagian dibungkus kertas timah dibiarkan terkena cahaya matahari sejak pagi hari dan dipetik di sore hari. daun tersebut kemudian direbus untuk mematikan sel-selnya, selanjutnya daun tersebut dimasukkan ke dalam alkohol agar klorofilnya larut sehingga daun tersebut menjadi pucat. saat itu daun ditetesi iodin, bagian yang sebelumnya tertutup oleh kertas timah tetap pucat, sedangkan yang tidak tertutup warnanya menjadi biru kehitaman. warna biru kehitaman menandakan bahwa di daun tersebut terdapat amilum.

menghasilkan oksigen percobaan dilakukan oleh Jan Ingenhousz dan Theodor Wildelm Engelmann, jelasin percobaan Theodor aja ya..

pada tahun 1822, Engelmann melakukan percobaan dengan menggunakan alga spirogyra. alga tersebut mempunyai kloroplas seperti spiral. hanya kloroplas yang terkena cahaya yang mengeluarkan oksigen. kloroplas yang tidak terkena cahaya tidak mengeluarkan oksigen. hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya bakteri suka oksigen yang berkerumun di bagian kloroplas yang terkena cahaya..

semoga membantu ^_^