Jawabanmu

2014-05-18T21:21:36+07:00
Itu makstnya artinya/fungsinya atau apa?
2014-05-18T21:22:26+07:00
Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui  diskusi
Menentukan hubungan isi puisi dengan realitas alam atau sosial atau masyarakat, perlu didahului dengan memahami dan mengetahui nilai-nilai yang terkandung di dalam puisi itu sendiri. Nilai-nilai itulah yang menunjukkan adanya hubungan dengan dunia luar puisi. Munculnya gagasan atau ide untuk membuat suatu puisi selalu dipengaruhi atau dilatari dengan realitas kehidupan yang dialami oleh penyair itu sendiri. Sebagai mahluk sosial, penyair merupakan anggota suatu kelompok masyarakat yang memiliki kehidupan sosial yang beraneka ragam. Keberadaan penyair di tengah-tengah kelompok masyarakat sosial secara tidak langsung akan memberikan pengaruh terhadap karya yang dihasilkannya. Namun, akan berbeda dengan kelompok lainnya dalam menyikapi kehidupan yang melatarinya. Untuk mempermudah menemukan hubungan isi puisi dengan realitas kehidupan, parafrasekan terlebih dahulu puisi tersebut untuk lebih memahami gagasan yang terkandung di dalamnya, kemudian bacalah secara berulang-ulang. Kehidupan sosial suatu masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, dapat dijadikan bahan untuk penciptaan puisi. Corak kehidupan masyarakat yang bisa diangkat atau dituangkan ke dalam sebuah puisi bisa beraneka ragam, misalnya kisah percintaan, pandangan hidup, adat kebiasaan, atau perilaku suatu kelompok masyarakat di luar masalah politik.
Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk bisa menemukan unsur kehidupan sosial masyarakat serta sikap penyair terhadapnya melalui sebuah puisi. Langkah-langkah itu diantaranya :
a.
membaca puisi yang bersangkutan secara berulang-ulang agar kamu mampu menemukan makna keseluruhan puisi tersebut;

b.
mengidentifikasi dan menyimpulkan judul puisi, kata-kata, larik, atau kalimat di dalamnya;

c.
mengidentifikasi hubungan makna antara larik yang satu dengan larik lainnya untuk memahami satuan makna yang terdapat dalam bait puisi;

d. 
mengidentifikasi unsur sosial kehidupan yang di kemukakan penyair;

e.
mengidentifikasi sikap penyair terhadap unsur kehidupan yang dimaksud.