Jawabanmu

2014-05-18T20:46:32+07:00
Faktor penyebab kerusakan alam adalah menebang hutan secara liar. karena penebangan hutan itu,kita akan mendapat resiko yang sangat besar. baik bagi alam maupun manusia. terkadang,manusia tidak sadar efek dari penebangan hutan itu sehingga,setelah terjadi efek dari penebangan hutan itu,manusia baru sadar akan pentingnya alam dan yang menyebabkan kerusakan alam :)


itu aja jawaban dari aku selebih dan sekurangnya saya mohon maaf :)
2014-05-18T21:01:49+07:00
Naiknya suhu bumi (global warming)
Menipisnya lapisan ozon
Limbah rumah tangga ex:detergen, sayuran, ikan, dll
Limbah pabrik
Limbah pertanian
peristiwa alam ex: gunung meletus
pengeboman di daerah perairan
penggundulan hutan
ladang berpindah
perburuan liar

naiknya suhu bumi dapat mengakibatkan banyak kerusakan alam. ada mencairnya gletser, pemutihan terumbu karang, kekeringan. Itu semua berdampak terhadam makhluk hidup yang hisup di ekosistem tersebut. Mencairnya gletser dapat menyebabkan naiknya permukaan darah perairan. Pemutihan terumbu karang menyebabkan berkurangnya tempat bagi ikan ikan untuk hidup dan tumbuh, kekeringan menyebabkan banyaknya makhluk hidup mati.

menipisnya lapisan ozon yang disebabkan oleh gas CFC menyebabkan sinar UV b masuk dan berkurangnya pertahanan bumi terhadap gas gas matahari yang berbahaya. Ini merupakan asal muasal terjadinya global warming

Limbah rumah tangga seperti detergen. Apabila terbawa saluran air ke daerah perairan yang lebih besar dapat mengakibatkan pencemaran yang serius dan banyaknya populasi M.H air yang keracunan lalu mati.

Limbah pabrik dapat berupa apa saja. yang cair itu apabila tak diolah dahulu agar tak jadi berbahaya, dapat menjadi polutan berbahaya bagi perairan atau tanah yang menyerapnya. Karena polutan itu mengandung berbagai bahan kimia berbahaya. Sedangkan apabila berupa gas seperti asap itu juga mengandung zat zat berbahaya dapat menyebabkan iritasi dan penyakit pernapasan terhadap yang menghirupnya.

Limbah pertanian dapat terjadi apabila petani melakukan pemupukan yang berlebihan. Itu dapat menyebabkan eutrofikasi yaitu kondisi perairan dipenuhi oleh tumbuhan air karena perairan itu kaya akan unsur hara atau nutrien jadi yang di dalam perairan sulit dapat cahaya matahari dan O2 dari luar.

Peristiwa alam seperti gunung meletus dan gempa bumi dapat mengakibatkan kerusakan. Kalau gunung meletus itu bisa bikin pohon pohon terbakar dan hangus.

pengeboman di daerah perairan dapat menyebabkan berkurangnya populasi ikan secara drastis. Karena kalau pakai bom itu bomnya tidak pilih pilih. Semuanya mati dan dirusak termasuk ikan ikan kecil dalam masa pertumbuhan. Bahkan bibit bibit ikan juga ikut terbunuh. Selain itu, dapat juga menyebabkan rusaknya terumbu karang dan ekosistem perairan

Hutan merupakan paru paru dunia. Kalau digunduli sampai tak tersisa, suplai oksigen dunia akan berkurang,

ladang berpindah umumnya dilakukan dengan membakar hutan untuk dijadikan lahan pertanian. Apabila tanah itu sudah tak subur lagi, petaninya akan berpindah dan membakar hutan lagi untuk dijadikan lahan yang baru. Dampaknya sama dengan penebangan hutan tapi juga bisa menjadi polutan bagi udara karena pembakaran hutan itu mengeluarkan asap.

perburuan liar menyebabkan berkurangnya populasi hewan hewan dan menyebabkan ketidak seimbangan di suatu ekosistem. Dapat juga menyebabkan hewan hewan yang awalnya banyak menjadi langka.

Semoga membantu