1. bagaiman cara meningkatkan persatuan dan kesatuan?

2.tuliskan cara meningkatkan sikap bhineka tunggal ika!

3. berikan contoh sikap mengembangkan sikap kekeluargaan ?

4. bagaiman cara menghindari penonjolan SARA?

1

Jawabanmu

2014-05-18T20:35:58+07:00
1. cara meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa adalah dengan saling menghormati, menghargai, sopan santun, pengertian, saling tolong/membantu, dll
2. cara meningkatkan sikap bhineka tunggal ika adalah = Sebagai negara kepulauan, tentunya Indonesia menjadi negara yang rawan konflik berupa disiintegrasi bangsa. Mengingat historial bangsa Indonesia, banyak konflik yang kerap kali terjadi karena kurangnya rasa toleransi antar umat beragama, beberapa contohnya adalah DI/TII dan terorisme. Pemberontakan DI/TII terjadi berkali-kali di beberapa daerah. Pemberontakan ini dilatar belakangi oleh keinginan sekelompok orang untuk mendirikan negara teokrasi berupa Negara Islam Indonesia. Sedangkan tindakan terorisme adalah perbuatan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang diakibatkan tidak memiliki rasa toleransi sehingga mereka melakukan segala cara khususnya cara-cara negatif agar tidak ada lagi perbedaan dalam bidang agama di hadapan mereka.Contoh sederhana konflik yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari akibat tidak memiliki rasa toleransi umat beragama adalah sikap rasisme yang cenderung mengejek agama minoritas di sekeliling agama mayoritas, sehingga mereka yang menjadi korban merasa dikucilkan dan tekanan mental atau kejiwaaan sang korban. Dari beberapa konflik diatas dapat kita ketehaui meskipun Indonesia memiliki motto Bhineka Tunggal Ika, tetapi motto itu kurang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
3. menghormati orang tua, menyayangi kakak dan adek, membantu pekerjaan orang tua... sopan santun, dll...
4. Gampang aja, jika itu untuk diri kita sendiri, ya tinggal kita bisa menjaga lisan dan fikiran kita. 
Tapi jika pertanyaan sampeyan itu untuk orang lain kita di tuntut untuk jangan menghiraukan walaupun rasanya pedih apa lagi bawa-bawa SARA, tpi jika kita membalas ganti itu sama aja menyiram bensin pada seberkas api di kayu bakar yg semula hanya antara sampeyan sama orang itu nanti bisa jadi antar SUKU sampe2 antar AGAMA apa gak gawat? saran saya lebih baik di kucilkan dan di beri sanksi sosial saja.
jadiin yang terbaik ya... semoga bermanfaat....