Jawabanmu

2014-01-26T19:26:47+07:00
Aspek geografis: jauhnya suatu letak daerah dari ibu kota atau dari kota besar akan berpengaruh karena akan memperlambat penerimaan informasi terbaru tentang pendidikan. misalnya saja kurikulum 2013 belum semua sekolah menerapkannya karena informasi mengenai hal tersebut masih minim diketahui sekolah2 yg berada di pelosok.

aspek ekonomi: keterbatasan ekonomi tentu berpengaruh karena pendidikan biarpun sudah diringankan oleh pemerintah, tetap saja pendidikan membutuhkan biaya tersendiri. misal kebutuhan siswa dalam penyediaan alat tulis dan seragam. ini akan jadi pertimbangan orang tua yg kurang mampu dalam menyekolahkan anaknya.

aspek sosial budaya: kita ambil sampel aja. masyarakat yang hidup di daerah terpencil dimana mata pencaharian hidup mereka adalah bertani, orang tua yg juga memiliki latar pendidikan rendah atau tidak pernah bersekolah tentu berpikir pendidikan bukan menjadi hal yang paling utama bagi anaknya.
. Hal-hal yang menjadi penyebab utamanya yaitu efektifitas, efisiensi, dan standardisasi pendidikan yang masih kurang dioptimalkan. Masalah-masalah lainnya yang menjadi penyebabnya yaitu rendahnya sarana fisik, rendahnya kualitas guru, rendahnya kesejahteraan guru, rendahnya prestasi siswa, rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan, rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan, dan mahalnya biaya pendidikan.
Adapun solusi yang dapat diberikan dari permasalahan di atas antara lain dengan mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan, dan meningkatkan kualitas profesionalisme guru serta prestasi siswa.
2014-01-26T20:19:44+07:00
Kurangnya minat dari seorang pelajar untuk masuk ke sekolah karena mereka lebih tertarik pada suatu hal yang mungkin menurut mereka lebih menarik dari pada bersekolah. juga kurangnya guru pada daerah daerah terpencil sehingga masyarakat di sana tidak dapat menerima pendidikan yang layak. selain itu pelajar juga terkadang menyepelekan pelajaran pelajaran yang menurut dia tidak penting padahal itu penting. dan membenci pelajaran karena guru yang tidak mereka sukai dan menganggap pelajaran itu pelajaran yang sulit. sehingga mereka menghidari pelajaran tersebut.