Sebuah akuarium berbentuk balok , alas berukuran 1 m x 50 cmdan tinggi 40 cm berisi air 1/2 bagian . kedalam akuarium tersebut akan dimasukkan tambahan air dengan menggunakan wadah berbentuk kubus yang panjang rusuknya 20 cm sebanyak 10 kali . tinggi air dalam akuarium adalah , ( PAKE CARA YA , PLEASE !!! )

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-18T19:42:46+07:00
Diket :
panjang = 1m = 100 cm
lebar = 50 cm
tinggi = 40 cm
rusuk kubus = 20 cm
jawab :
Vbalok = p x l xt
Vbalok = 100 x 50 x 40
Vbalok = 200000
banyak air dalam aquarium = 1/2 : 200000
banyak air dalam aquarium = 100000 cm ^{3}

Vkubus = sisi/rusuk ^{3}
Vkubus = 20 ^{3}
Vkubus = 8000

kedalam akuarium tersebut akan dimasukkan tambahan air dengan menggunakan wadah berbentuk kubus yang panjang rusuknya 20 cm sebanyak 10 kali . 
maka : Vkubus x 10
           8000 x 10
           80000

Vair sekarang = banyak air dalam aquarium + Vkubus
Vair sekarang = 100000 + 80000
Vair sekarang = 180000 cm ^{3}

V air sekarang = p x l x tinggi air
tinggi air = V air sekarang : ( p x l)
tinggi air = 100000 : ( 100 x 50 )
tinggi air = 100000 : 5000
tinggi air = 20 cm

jadi tinggi air adalah 20 cm
tapi gak ada isinya
apa saja pilihannya?
A. 36 B.34 C.32 D.30
2014-05-18T19:48:39+07:00
Volum kubus= 20×20×20=8000cm3
vk= 8000×10= 80000cm3
volume balok =100×50×40=200000
setengah dari 200000 adalah 100000 banyak airnya
volume air= 100000+80000=180000
 volume air sekarang= p×l×t
100000= 100×50×t
100000=5000t
100000/5000=t
20=tinggi air