1. Di sebuah panci berisikan air sebanyak 500g bersuhu 25 derajat Celcius. Air tersebut kemudian di beri kalor 10.000 J. Berapa suhu akhir air tersebut, jika kalor air sebesar 4.200 J/ Kg derajat Celcius ?
2. Air dalam gelas suhunya turun dari 80 derajat Celcius menjadi 25 derajat Celcius dengan mengeluarkan kalor sebesar 60.000 J. Jika kalor jenis air 4.200 J/Kg derajat Celcius. Berapa massa air dalam gelas tersebut ?

Kalau ada yang ditanyakan di komentar,,,
Kalau jawab sembarang di hapus jawabannya,,,
Mohon bantuannya ^_^

2
Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus

Jawabanmu

2014-05-18T18:37:58+07:00
1) Q= m.c.(T₂-T₁)
10.000=0.5x4.200x(T₂-25)
10.000=2.100T₂-52.500
62.500=2.100T₂
29,76=T₂

2) m=Q÷(c.ΔT)
m=60.000÷(4.200.55)
m=60.000÷231.000
m=0,259kg atau 0,26kg
Komentar sudah dihapus
sa nyontek nah fahmi anumu :D
Jawaban paling cerdas!
2014-05-18T18:41:34+07:00
1. 
m=500 g=0,5 kg
T₁=25°C
Q=10000 J
c=4200 J/kg°C
Q=m.c.ΔT
Q=m.c.(T₂-T₁)
T₂=(Q/m.c)+T₁
T₂=(10000/0,5.4200)+25
T₂=29,76°C

2.
T₁=80°C
T₂=25°C
Q=-60000 J
c=4200 J/kg°C
Q=m.c.ΔT
m=Q/c.ΔT
m=Q/c.(T₂-T₁)
m=-60000/4200(25-80)
m=1.55 kg

Semoga membantu :)
1 5 1