Jawabanmu

2014-05-18T15:59:00+07:00
Asas berlakunay hukum internasional:
1) Asas Teritorial
Asas teritorial didasarkan pada kekuasaan negara atas daerah atau wilayahnya. Hal ini berarti bahwa negara melaksanakan berlakunya hukum dan peraturan-peraturannya bagi semua orang dan barang yang ada di wilayahnya. Sebaliknya, di luar daerah atau wilayah negara tersebut berlaku hukum asing.

2) Asas Kebangsaan
Asas kebangsaan didasarkan pada kekuasaan negara pada warga negaranya. Hal ini berarti bahwa setiap warga negara di mana pun ia berada, tetap mendapatkan perlakuan hukum dari negaranya. Asas ini dikenal dengan asas exterritorialiteit.

3) Asas Kepentingan Umum
Asas kepentingan umum didasarkan pada kewenangan negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan masyarakat.

4) Asas Persamaan Derajat
Asas ini menyatakan bahwa semua negara adalah sama derajatnya baik negara kecil atau besar memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam hubungan internasional. Secara formal negara-negara di dunia derajatnya sama, tetapi secara faktual dan substansial masih terjadi ketidaksamaan derajat, terutama dari bidang ekonomi.

5) Asas Keterbukaan
Dalam hubungan antarbangsa yang berdasarkan hak internasional diperlukan adanya kesediaan tiap-tiap pihak untuk memberikan informasi secara jujur dan dilandasi rasa keadilan. Tiap-tiap pihak pun mengetahui secara jelas tentang manfaat,
hak, dan kewajiban dalam menjalin hubungan internasional.
2014-05-18T15:59:08+07:00
- Pacta Sunt Servanda
- Equality Rights
- Reciprositas
- Courtesy
- Rebus Sic Stantibus
- asas Teritorial
- Asas Kebangsaan
- Asas Kepentingan Umum