Jawabanmu

2014-05-18T11:56:37+07:00
Berdasarkan ukuran partikel, campuran dapat dipisahkan dengan cara :
a)  filtrasi (penyaringan) yaitu memisahkan zat dari suatu suspensi (campuran kasar) menggunakan penyaring.
contoh : penyaringan kerikil dari pasir.
b) kristalisasi (penguapan) yaitu cara memisahkan zat terlarut dari pelarutnya menggunakan pemanasan atau penyerapan kalor.
contoh : penguapan air laut (larutan garam) untuk memperoleh kristal garam.
2014-05-18T12:07:47+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Ukuran partikel ya... bisa filtrasi yaitu metode pemisahan campuran berdasarkan perbedaan ukuran partikel zat. zat padat mudah larut dalam zat cair nanti jadi campuran zat homogen. kalo zat padat susah larut di zat cair jadi campuran zat heterogen. alat alat untuk filtrasi itu erlenmeyer, pengaduk, corong, kertas saring. pertama diaduk sampai rata. lalu tunggu sampai mengendap. siapin erlenmeyer sama pasang kertas saring di atas corong yang diletakkan di mulut erlenmeyer lalu tuang campuran hererogen ke dalam corong. jadi kan zat cairnya mengalir lewat pori pori kertas saring. akhirnya kepisah deh. zat yang di kertas saring itu namanya residu. cobtohnya kalau mau misahkan air dari pasir pasir atau benda benda kecil gitu.