Jawabanmu

2014-05-18T11:09:45+07:00
Karena muatan listrik nya lebih besar larutan elektrolit kuat
2 2 2
2014-05-18T11:10:59+07:00

J ... Dijawab 5 tahun yang lalusalah satu ciri yang menunjukkan bahwa satu larutan bersifat elektrolit adalah dengan larutan tersebut bisa menghantarkan listrik. Salah satu cara mengujinya adalah dengan menyambungkan baterai melalui larutan elektrolit ke lampu. Bila lampu menyala terang, larutan tersebut tergolong elektrolit kuat. Sementara bila lampu menyala redup atau hanya ada gelembung-gelembung gas di elektrodanya, larutan tersebut termasuk elektrolit lemah. Yang membedakan elektrolit kuat dan lemah adalah ionisasi dari spesi yang terlarut di dalamnya. 

Contoh elektrolit kuat adalah garam dapur (NaCl). Dalam air NaCl akan terionisasi sempurna menjadi ion-ionnya, yaitu Na+ dan Cl-. Dengan adanya ion positif dan negatif maka transfer elektron antara anoda dan katoda akan berjalan dengan sempurna sehingga lampu menyala terang. 

Contoh elektrolit lemah adalah asam cuka (CH3COOH). Dalam air asam cuka hanya terionisasi sebagian. Selain menjadi H+ dan CH3COO-, ada spesi lain yaitu CH3COOH yang tidak terionisasi. Itulah sebabnya lampu menyala redup atau hanya terjadi gelembung gas. 

Sementara contoh larutan non elektrolit adalah larutan gula. Dalam air gula tidak terionisasi, sehingga lampu tidak menyala.