Jawabanmu

2014-05-18T09:54:45+07:00
Ketika hutang RI menumpuk sementara jadwal pengembalian juga sudah masuk waktunya untuk di bayar (dan pembayaran mesti pake dollar), tiba-tiba dollar langka. uang realitanya sekarang tidak hanya sebagai alat pembayaran, tapi juga jadi komuditi perdagangan, maka berlakulah teori dagang: "bila barang sedikit maka permintaan akan naik" dan "bila permintaan meningkat maka harga juga meningkat". Harga dollar yang meningkat menyebabkan jatuhnya nilai rupiah. Jatuhnya nilai rupiah berdampak pada meningkatnya harga sembako, banyak perusahaan yang gulung tikar dan berdampak pada meningkatnya pengangguran. 

Krisis ini ibarat bola salju yang bergerak semakin membesar dan cepat.satu krisis menciptkan krisis baru. Suasana ekonomi Indonesia menjadi labil ketika uang sulit di dapat (karena banyak yang jadi pengangguran) ditambah pula meroketnya harga sembako. Krisis ekonomi memicu krisis politik. Alasannya sangat rasional: 1. Pemerintah dianggap gagal; 2. Krisis tersebut dipicu oleh sikap (hutang) oleh pemerintah sendiri; 3. Hutang yang melahirkan krisis ini (diduga) juga banyak yang dikorupsi dan tidak sepenuhnya untuk rakyat, yang dilakukan oeh Soeharto dan kjroni-kroninya. 

Kerusuhan-pun terjadi di mana-mana, seperti pembakaran pertokoan yang menggambarkan "psikologi kaum lapar" yang melihat terjadinya kensenjangan ekonomi, serta pembakaran kantor Golkar sebagai penyokong utama Soeharto terjadi di mana-mana sebagai gambaran penolakan terhadap penguasa (Soeharto). 

Penanganan krisis yang tidak tepat memicu jatuhnya banyak korban, seperti kasus Semanggi I dan II semakin menambah runyam krisis. 

Akhirnya meluaslah tuntutan reformasi, dengan agenda utama diantaranya : 
- Pemberantasan KKN (dengan pandangan dan anggapan bahwa Krisis dipicu oleh KKN) 
- Pencabutan dwi fungsi ABRI (karena dilihat posisi tentara yang terlalu mengekang demokrasi, dilihat dari penanganannya atas krisis fisik yang terjadi pasca krisis ekonomi)

semoga membantu
adanya krisis moneter pada tahun 1997
2014-05-18T09:59:20+07:00
Sebab - sebabnya adalah :
> Krisis ekonomi
> Gerakan mahasiswa Indonesia tahun 1998
> Krisis politik yang terjadi di Indonesia
> Faktor sosial