Jawabanmu

2014-05-18T01:33:36+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Garebeg Sekaten (merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW) dikenal dengan adanya sedekah raja yang berupa gunungan, yang melambangkan sedekah yang bergunung-gunung.
2014-05-18T05:00:02+07:00
Setiap bangsa atau suku memiliki kebudayaan. Setiap kebudayaan menggunakan simbol-simbol atau lambang-lambang sebagai sarana atau media untuk mentransformasikan pesan-pesan atau nasehat-nasehat bagi bangsa atau sukunya tersebut. Begitu pula perayaan sekaten yang diselenggarakan di Keraton Surakarta Hadiningrat, meneruskan warisan dari kerajaan Demak yang konsepnya diusung oleh Wali Songo juga penuh dengan simbol-simbol yang sarat dengan pesan-pesan pendidikan terhadap umat. Hal ini bisa difahami sebagaimana ungkapan wong Jawa nggone semu yang artinya orang Jawa adalah gudang lambang. Banyak tindakan dan ucapan orang Jawa yang diwujudkan dengan lambang-lambang.