Berbagai faktor yang mendorong munculnya gerakan reformasi antara lain: 1. akumulasi kekecewaan masyarakat terutama ketidakadilan di bidang hukum, ekonomi dan politik; kedua, krisis ekonomi yang tak kunjung selesai; ketiga, bangkitnya kesadaran demokrasi, keempat, merajalelanya praktek KKN, kelima, kritik dan saran perubahan yang tidak diperhatikan.

Jawabanmu

2014-05-17T21:41:19+07:00
a)      Faktor PolitikKebijakan politik yang dilaksanakan pemerintah OrBa ternyata lebih cenderung pada usaha untuk memelihara status Quo  dalam rangka mempertahankan tampuk kekuasaan presiden Soeharto. Kebijakan ini dalam perkembangan menimbulkan berbagai penyimpangan dan ketimpangan, seperti membudayanya praktik-praktik Kolusi , Korupsi dan Nepotisme [KKN], semakin tajamnya kesenjangan social-ekonomi , terbelenggunya kebebasan pers dan mimbar,serta dominasi TNI dan Golkar yang terlalu besar dalam  pemerintah.
Faktor politik menyebabkan munculnya tuntutan Reformasi, sebagai berikut:
§  System pemerintahan yang dijalankan bersifat sentralistik dan cenderung otoriter.§  Kekuasaan legislative dan yudikatif terlalu dibatasi oleh eksekutif [pemerintah] sehingga lembaga-lembaga Negara seperti DPR, MPR, BPK, dan MA menjadi kurang berfungsi sebagaimana mestinya.§  Timbulnya gerakan mahasiswa yang didukung oleh elite politik menuntut turunnya presiden Soeharto dan pembubaran Golkar.§  Situasi Ibu Kota Jakarta kacau balau dan tidak terkendali ini mendorong tokoh-tokoh masyarakat mendatangi istana Negara dan meminta presiden Soeharto meletakan jabatannya.
2014-05-17T22:00:31+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
-Mahasiswa Trisakti ingin pemerintahan yg adil
-Kerusuhan 98 Mei
-Indoesia mengalami krisis ekonomi
-Sistem Pemerintahan tidak adil

maaf kalau kurang