Jawabanmu

2014-05-17T18:23:53+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pada tanggal 21 ± 23 April 1999, pemerintah menawarkan Opsi untuk meyakinkanmasyarakat Timor-Timur yaitu ³Otonomi luas´. Hal-hal penting yang ditawarkan pemerintah RItentang Pemberian Otonomi luas kepada Timor-Timur meliputi antara lain :

- Timor-Timur akan mempunyai bendera dan bahasa sendiri. Bahasa Indonesia hanyadipergunakan untuk keperluan resmi (sebagai bahasa resmi).2.

- Pemanfaatan/pengalokasian dana pembangunan tersebut diputuskan atau ditentukansendiri oleh Pemerintah Daerah Otonomi Khusus Timor-Timur.3.

- Anggaran pembangunan tetap sama seperti selama ini, dengan rincian 93 % berasaldari pemerintah pusat dan sisanya 7 % dari pendapatan asli daerah (PAD) Timor-Timur sendiri


Memang dilihat sepintas, tawaran tersebut sangat menjanjikan buat masa depan Timor-Timur. Namun ternyata tawaran inipun ditolak sehingga tidak ada pilihan lain selain merdekaatau harus melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. maraknya tekananterhadap pemerintah Indonesia agar melepaskan Timor-Timur menjadi sebuah keharusan dantidak bisa dibendung lagi. Memang benar, konflik dan tindak kekerasan merebak dimana-mana.Pada akhirnya tanggal 08 Agustus 1998, semua satuan-satuan tempur TNI ditarik dari Timor-Timur.
18 3 18
Tapi yang membuatku penasaran itu mengapa Timor Timur ingin memisahkan diri? Apakah karena ada perang saudara yang memicunya? ataukah terdapat alasan pribadi? Seperti tidak puas akan pemerintahan indonesia?
Jawaban paling cerdas!
2014-05-17T18:35:45+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Karena, adanya ketidakpuasan baik dibidang ekonomi, pembangunan, pendidikan & politik. Setelah itu terjadi keputusan yg berujung pada ketidakpercayaan terhadap pemerintah yg pada akhirnya melahirkan perlawanan kepada negara sendiri

semoga membantu :)
terima kasih
37 4 37
Ohhh... Memangnya pada masa itu kondisi pemerintahan indonesia seperti apa?
kurang memerhatikan keadaan Timor Leste, karena pada tahun 2001 keadaan Indonesia masih belum maju seperti sekarang
Ohh, ok deh... Makasih :D
mksh ya FarizeWrizj