500 gr es bersuhu −10 derajat C hendak dicairkan hingga menjadi air yang bersuhu 5 derajat C. Jika kalor jenis es adalah 0,5 kal/g derajat C, kalor lebur es oadalah 80 kal/gr, dan kalor jenis air 1 kal/g derajat C, tentukan banyak kalor yang dibutuhkan!

2

Jawabanmu

2014-05-17T18:05:17+07:00
Q= m.C.t
   =500.0,5.10=2500

Q=m.L
   =500.80=40000

Q=m.Cair.t
    =500.1.5=2500

2500+40000+2500=45000
Jawaban paling cerdas!
2014-05-17T18:12:00+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diketahui :
m = 500 gram = 0,5 kg
 C_{es}  = 0,5 kalori/gr °C
 C_{air}  = 1 kal/gr °C
 L_{es}  = 80 kal/gr
ΔT  = 10°C → 5 °C


Ditanyakan : Q...?

Penyelesaian :
Q1 = m . 
 C_{es} . ΔT
     = 0,5 . 0,5 . 10
     = 2,5 kalori

Q2 = m .  L_{es}  
     = 0,5 . 80
     = 40 kalori

Q3 = m .  C_{air} . ΔT
     = 0,5 . 1 . 5
     = 2,5 kalori

 Q_{total} = Q1 + Q2 + Q3
           = 2,5 + 40 + 2,5
           = 45 kalori
           = 45000 kalori
1 5 1