Seorang pedagang membeli 2 karung beras dengan harga 2.400/kg dan mendapat diskon 12 1/2 %. tiap karung memiliki bruto 100 kg dan tara 2 kg. beras itu dijual kembali dengan harga 2.500/kg dan memberi diskon 10%. presentase keuntungan yang diperoleh pedagang tersebut adalah?
a. 2%
b. 4,17%
c. 6,25%
d. 7,10%
tolong cara pengerjaannya dari jawaban yang betul..

2

Jawabanmu

2014-05-17T13:54:47+07:00
Netto = 98kg
98 kg x 2 = 196 kg
196 x 2400 = 470400
87.5/100 x 470400 = 411600
196 x 2500 = 490 000
90/100 x 490 000 =441 000
441 000 - 411 600 = 29 400
29 400/411 600 x 100 = 7.14 persen
maaf ni, q ada soal lagi. seorang pedagang menyimpan uangnya di sebuah bank sebesar 12.500.000. setelah 1 tahun, uangnya menjadi 15.000.000. presentase bunga yang diterima selama setahun adalah...?
15 000 000 - 12 500 000 = 2 500 000
2 500 000/12 500 000 x 100 = 20 persen
Jawaban paling cerdas!
2014-05-17T14:11:35+07:00
Pembelian= 2kg=2400×bruto=2400×200=480000-diskon=480000-60000=420000
diskon pembelian=12 1/2%=60000
b=100.2=200kg
t=2×2=4kg
n=200-4=196
penjualan=2500×196=490000-diskon=490000-49000=441000
diskon penjualan=10/100×490000=49000
untung= penjualan-pembelian=441000-420000=21000/pembelian×100%=21000/490000×100%=4,285%
dit, soal no. 24, gimana caranya...?
yg mana akumalas buka soal
seorang pedagang menyimpan uangnya di sebuah bank sebesar 12500000. setelah 1 tahun, uangnya menjadi 15000000. persentase bunga yang diterima selama setahun?
ditha,memang banyak yang ndak ada jawabannya,kah...?
lumayan