Tepat di permukaan laut,tinggi raksa dalam kolom barometer adalah 760mm.Jika di suatu daerah tinggi raksa pada kolom barometer adalah 700mm,maka tekanan udara di daerah tersebut adalah . . .
a. 1.86 x 10⁵ pa
b. 1.10 x 10⁵ pa
c.9.3 x 10⁴ pa
d.8.96 x 10⁴ pa

2

Jawabanmu

2014-05-17T15:49:13+07:00
Mungkiin . a. 1.86 x 10⁵ pa kalau saya kira
Jawaban paling cerdas!
2014-05-17T18:57:05+07:00
Saya akan mencoba menjawab.
Diketahui
Bar = 700 mmHg = 70 cmHg
h = 70 cm = 0,7 m
rho(raksa) = 13600 kg/m^3
g = 10 m/s^2 atau 9,8 m/s^2
Ditanya
P = ...?
Jawab.

Jawaban pertama (g=10m/s^2)
P = rho(raksa) . g . h
=13600 . 10 . 0,7
=95200 Pa
=9,52 . 10^4 Pa

Jawaban kedua (g=9,8m/s^2)
P = rho(raksa) . g . h
=13600 . 9,8 . 0,7
=93296 Pa
=9,3 . 10^4 Pa

Jawaban: C