Jawabanmu

2014-05-17T08:23:46+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
A. Kerajaan Perlak
Menurut pendapat Prof. A. Hasymy, sebelum Kerajaan Samudera Pasai berdiri sudah ada pusat pemerintahan di Peureula (Perlak). Pendapatnya itu berdasarkan sebuah naskah kuno, yaitu Izkharul Haq yang ditulis oleh Al-Tashi. Kerajaan Perlak berdiri sekitar abad IX Masehi. Rajanya yang pertama adalah Sayid Abdul Aziz yang bergelar Sultan Allaiddin Sayid Maulana Abdul Aziz Syah.

b. Kerajaan Samudera Pasai
Ketika Kerajaan Perlak mengalami kemunduran, para pedagang mengalihkan perhatian kegiatannya ke Pasai. Hal itu dibarengi dengan naiknya Marah Silu menjadi penguasa. Selanjutnya, Marah Silu berhasil mempersatukan dua daerah tersebut menjadi sebuah kerajaan Islam dengan nama Kerajaan Samudera Pasai. Marah Silu menjadi raja pertama Kerajaan Samudera Pasai dengan gelar Sultan Malik as-Saleh. Ia memerintah pada tahun 1285-1297. setelah wafat, Sultan Malik digantikan oleh Sultan Muhammad atau Sultan Malik at-Tahir I (1297-1326), selanjutnya Sultan Malik at-Tahir II (1326-1348). Pada masa Sultan Malik at-Tahir II, perkembangan kerajaan tidak begitu jelas.

c. Kerajaan Aceh
Kerajaan Aceh muncul pada abad XVI. Letak Aceh sangat strategis, yaitu sebagai lalu lintas perdagangan nasional dan internasional.

d. Kerajaan Demak
Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Kerajaan Demak mencapai kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Trenggono. Setelah kekuasaan Sultan Trenggono berakhir, kejayaan Demak mulai meredup karena adanya perebutan kekuasaan.