Jawabanmu

2014-05-17T07:53:48+07:00
Mengintip Keindahan Burung Cendrawasih

Burung yang memiliki nama ilmiah aves adalah salah satu dari ribuan bahkan juta an spesies yang ada di bumi. Dengan banyaknya jumlah spesies di bumi, manusia lebih cenderung untuk memilih burung sebagai peliharaan nya. Faktor yang paling mempengaruhi adalah karena burung memiliki keistimewaan pada bulunya. Sehingga tak ayal jika burung selalu menjadi primadona bagi kaum laki - laki terutama.
Salah satu burung yang memiliki keindahan warna tubuh adalah burung cendrawasih. Burung ini sering di temukan di indonesia bagian timur terutama di papua. Burung yang meiliki nama latin Paradisaea ini memiliki ukuran yang beragam tergantung jenisnya. Dari yang terkecil yaitu jenis burung cendrawasih raja dengan ukuran berat 50 gram dan panjang 15 cm dan yang terbesar adalah jenis cendrawasih paruh sabit hitam dengan panjang 110 cm.
Spesies yang paling indah bulunya adalah cendrawasih kuning besar atau bahasa latinnya paradisaea apoda. Burung ini memiliki perpaduan warna yang khas yaitu kuning berlapis putih pada ekornya. Dan sebagian tubuh cendrawasih kuning besar ini berwarna coklat tua. Yang membuat cendrawasih kuning besar ini berbeda dari burung lainnya adalah degradasi warna hijau dan kuning padda kepalanya yang terlihat sangat mencolok.

semoga membantu :)
Tapi teks anekdot nya mana??? mohon bantuannya
2014-05-17T07:56:32+07:00
Burung yang satu ini adalah burung yang indah dan kini sudah terancam punah. Burung cendrawasih banyak terdapat  di Indonesia bagian timur, Papua Nugini, dan Australia timur ini terdiri atas 14 genus dan sekitar 43 spesies. 30-an spesies diantaranya bisa ditemukan di Indonesia.

Ukuran burung Cenderawasih sekitar15 cm dengan berat 50 gram. Burung Cendrawasih jantan memiliki bulu yang indah dengan warna cerah dengan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, kemerahan, oranye, kuning, putih, biru, hijau dan ungu.Keindahan bulu yang dimiliki burung cendrawasih jantan digunakan untuk menarik perhatian lawan jenisnya.


JENIS-JENIS BURUNG CENDRAWASIH :


  Cendrawasih Gagak (Lycocorax pyrrhopterus);Maluku.


  Cendrawasih Panji (Pteridophora alberti); Papua


  Cendrawasih Kerah (Lophorina superba); Papua


  Cendrawasih Paruh-sabit Kurikuri (Epimachus fastuosus); Papua.


  Cendrawasih Botak (Cicinnurus respublica); endemik pulau Waigeo, Raja Ampat.


  Cendrawasih Raja (Cicinnurus regius); Papua dan pulau sekitar.


  Cendrawasih Belah Rotan (Cicinnurus magnificus); Papua (Indonesia dan Papua Nugini).





Habitat burung cendrawasih pun semakin sempit karena banyak penebangan hutan,selain penebangan hutan burung cendrawasih juga banyak di buru oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk di jadikan koleksi karna bulunya yang indah itu. Bulu burung cendrawasih juga di gunakan masyarakat Papua untuk baju adat mereka.