Jawabanmu

2014-01-26T16:21:47+07:00
Pantang menyerah, rela berkorban
1 5 1
2014-01-26T16:26:45+07:00
"Petani hanya sekedar budidaya saja, berdasar kebiasaan yang diwariskan belum berpikir agribisnis," katanya.

Suswono mencontohkan, di sektor peternakan para peternak masih menganggap hewan ternak sebagai tabungan, sehingga saat tidak membutuhkan uang mereka tidak akan menjualnya meskipun harga di pasaran bagus.

Sebaliknya, tambahnya, saat mereka membutuhkan uang maka dijuallah ternaknya meskipun harga di pasaran rendah. 

Tanpa adanya kesadaran beragribisnis dalam melakukan kegiatan pertanian, menurut Mentan, menjadikan petani di dalam negeri sulit bersaing dengan petani luar terlebih lagi di era pasar bebas.

"Oleh karena itu perlu ditumbuhkan kesadaran beragribisnis di kalangan petani, terlebih lagi dengan sumber daya manusia, teknologi serta lahan yang terbatas," katanya.

Kegiatan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan ke 14 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Malang Jawa Timur 7--12 Juni 2014, Suswono menyatakan, diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran agribisnis di kalangan petani.

Penas Petani Nelayan Indonesia, tambahnya, merupakan ajang berkumpul dan bersilaturahmi para kontak tani nelayan dan hutan untuk saling memperlihatkan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.
1 5 1