1. pada saat 20 g es bersuhu -10°c diberikan kalor sehingga suhu es naik dan mencair jika kalor jenis es 0,5 kalori/g°c dan lebur es 80 kalori/g. berapa nilai Q₁ dan Q₂?

2. diketahui kalor jenis es 2100 joule/kg°c kalor lebur es 336 kg joule/kg dan kalor jenis air 4200 joule/kg°c berapa banyak kalor yang harus di berikan pada 0,5 kg es. agar suhunya naik dari -10°c menjadi 40°c?

kasih tau cara kerjanya juga ya.............

2

Jawabanmu

2014-05-16T21:58:52+07:00
1.Q1=mxcxdeltaT
=20x0,5x10
=100 kal.
Q2=mxL
=20x80
=1.600 kal.
2.Q=Qab+Qbc+Qcd
=mxcxdeltaT+mxL+mxcxdeltaT
=0,5x2.100x10+0,5+336.000+0,5x4.200x40
=10.500+168.000+84.000
=262.500J
Jawaban paling cerdas!
2014-05-16T22:56:04+07:00
2. diketahui : c es = 2100
c lebur es = 336
c air = 4200
m = 0,5 kg
ΔT = 40 -(-10) = 50'C
Ditanya : banyak kalor yang diberikan pada es , Q?
Jawab :
Q = m × c × ΔT
Q = 0,5 × 2100 × 50
Q = 52500 J
Q = 52,5 kJ
1 5 1