Jawabanmu

2014-05-16T18:40:27+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Dari barisan aritmetika diketahui suku ke-3 = 14 dan suku ke-7 =26 jumlah 18 suku pertama adalah...
U7 = a+6b = 26
U3 = a+ 2b = 14
................................. -
4b = 12
b = 12/4 = 3
a + 2b = 14
a + 2(3) = 14
a = 14-6 = 8
S18 =18/2 (2a +17b)
= 9 (2.8 + 17.3)
= 9 (16 + 51) = 603
Jawaban paling cerdas!
2014-05-16T18:48:22+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Suku ke-3 = 14
Suku ke-7 = 26

Ditanya :  S_{18} ...?

Jawab :
Rumus suku ke-n suatu barisan ⇒ U_{n} = a + (n - 1) b
 U_{3} = a + 2b
14 = a + 2b

 U_{7} = a + 6b
26 = a + 6b

14  = a + 2b
26  = a + 2b   
-12 = - 4b
   b = 3

⇒  S_{n}  \frac{n}{2} (2a + (n - 1) b
 S_{18}  \frac{18}{2} (2.8 + (18 - 1) 3)
      = 9(16 + (17.3))
      = 9(16 + 51)
      = 9 . 67
      = 603
Jadi jumlah 18 suku pertama adalah 603
2 5 2