1. Jelaskan proses pemisahan campuran dengan metode penyaringan, sentrifugasi, sublimasi, kromatografi, & distilasi !
2. Jelaskan mengapa suatu campuran titik murni dapat dipisahkan dengan cara fisika. mengapa tidak dapat dipisahkan dengan cara kimia ?
3. seseorang yang diduga menggunakan obat terlarang dapat diantifikasi test urine dengan menggunakan metode kromotografi. berikan penyelesaian mengapa hal tersebut dapat dilakukan ?
4. pada kromotografi kertas, noda warna yang berbeda akan memiliki kecepatan merambat yang berbeda. berikan alasan demikian !
5. silikon murni diperlukan untuk membuat chip komputer. perkiraan metode-metode pemisahan campuran yang dapat dilakukan untuk memperoleh kembali silikon murni yang telah menjadi chip komputer tersebut ?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-01-26T15:25:29+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. penyaringan : metode pemisahan padatan berdasarkan ukuran partikel menggunakan alat penyaring
sentrifugasi : metode pemisahan campuran dengan memutar tabung reaksi berisi campuran dengan alat sentrifugasi sehingga timbul gaya sentrifugal sehingga padatan terpisah
sublimasi : metode pemisahan dengan salah satu campuran bisa menyublim
kromatografi : metode pemisahan dengan kertas khusus untuk mengetahui zat atau senyawa yang dikandung
distilasi :metode pemisahan cairan berdasarkan titik didih dan yang mendidih dahulu akan menguap dahulu
2.karena  penyusun zat zat dapat dipisahkan dengan perbedaan sifat fisis seperti titik didih,perbedaan partikel,titik leleh,sifat magnetik,kelarutan dan wujud zat
3.karena dengan kromatografi dapat diketahui zat dan senyawa yang terkandung di dalam urine yang diduga menggunakan sejenis narkotika
4.jenis kertas yang digunakan,waktu pencelupan,kelarutan warna dan warna yang dikandungnya
5.diekstraksi atau direduksi dengan karbon


107 4 107
2014-01-26T15:33:37+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. metode penyaringan: pemisahan zat padat dari cairannya dalam suatu campuran  heterogen
   metode setrifugasi: proses yang memanfaatkan gaya sentrifugal untuk sedimentasi campuran dengan menggunakan mesin sentrifuga atau pemusing.
   metode sublimasi: perubahan wujud dari padat ke gas tanpa mencair terlebih dahulu. Misalkan es yang langsung menguap tanpa mencair terlebih dahulu.
   metode kromatografi: proses pemisahan yang didasarkan pada perbedaan daya serap dari zat penyerap (adsorben) terhadap zat yang akan dipisahkan
   metode destilasi: proses pemisahan campuran zat cair yang didasarkan pada perbedaan titik didih zat zat cair yang ada dalam campuran.

2.  Karena zat-zat penyusun suatu campuran dipisahkan berdasarkan sifat-sifat fisikanya seperti ukuran partikel, masajenis, titik didih, titik beku, kelarutan dan lain-lain.

3. Dengan metode kromatografi senyawa-senyawa yang terdapat dalam urin dapat dipisahkan berdasarkan tingkat kelarutannya, sehingga dapat diidentifikasi kemungkinan senyawa yang terkandung dalam urin.

4. Karena noda warna yang berlainan berasal dari senyawa yang berbeda yang memiliki kelarutan yang berbeda.

5. Ekstraksi



42 4 42