Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-16T14:00:44+07:00
A. Lambang negara: Garuda adalah burung khas Indonesia yang  dijadikan  lambang  negara.  Pasal 36A  UUD  1945  menegaskan  bahwa lambang negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

b. Semboyan  negara:
Pasal  36A  UUD  RI  Tahun1945berbunyi:  “...  semboyan  BhinnekaTunggal  Ika”,  artinya  kata-kata  itu dijadikan  semboyan  negara.  Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda, tetapi tetap  satu.  Ini  menunjukkan  kenyataan bahwa bangsa indonesia heterogen, namun tetap berkeinginan untuk menjadi satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

c. Bahasa  Indonesia: Hal itu ditegaskan lagi dalam Pasal 36 UUD RI Tahun 1945 yang berbunyi: “... bahasa negara adalah Bahasa Indonesia”.

d. Bendera  negara:
Bendera  negara  Indonesia  ialah  Sang  Merah  Putih  sebagaimana disebutkan dalam Pasal 35 UUD 1945. Warna merah berarti berani dan putih berarti  suci.

e . Lagu  kebangsaan:  Indonesia  Raya
Pasal  36B  UUD  RI  Tahun  1945  berbunyi:  “Lagu  kebangsaan  ialah Indonesia Raya”. Lagu yang pertama kali dikumandangkan pada tanggal 28 Oktober  1928  dalam  forum  Kongres  Pemuda  yang  melahirkan  Sumpah Pemuda ini kemudian diangkat menjadi lagu kebangsaan negara.
Komentar sudah dihapus
thank you
Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus
2014-05-16T14:01:55+07:00
Contoh alat pemersatu bangsa: di indonesia alat pemersatu bangsanya yaitu semboyan negara, lambang negara, bendera negara, dan lagu kebangsaan
2 3 2