Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-16T11:24:56+07:00
System perdagangan dan Alat Transportasinya. Perdagangan antarpulau pada masa lampau dilakukan secara bertahap. Barang dagangan yang berasal dari daerah pedalaman dikumpulkan dan diangkut ke pusat perdagangan di daerah pelabuhan. Barang dagang tersebut diangkut menggunakan pedati atau gerobak. Selain itu, ada juga yang diangkut melalui sungai dengan perahu. Setelah berkumpul dalam jumlah besar di pusat perdagangan barulah terjadi juall beli dengan para pedagang besar dari berbagai pulau. Jual beli dilakukan dengan cara tukar menukar barang yang dinamakan barter. Misalnya, rempah-rempah ditukar dengan kain, rempah-rempah ditukar dengan beras, atau beras ditukar dengan barang lain. Cara barter sering menimbulkan kesulitan karena kurang praktis dan sulitnya menentukan nilai tukar barang. Untuk mengatasi kesulitan itu, pada masa berdirinya kerajaan-kerajaan di Indonesia dibuat mata uang. Mata uang tersebut dikeluarkan oleh kerajaan. Bahan mata uang itu pun bermacam-macam, ada yang dari timah, perunggu, perak, dan emas. Pada zaman dahulu, orang tidak begitu terikat pada jenis mata uang dari negaranya sendiri. Di pasar dan di pelabuhan, para pedagang secara leluasa membayar dengan uang dari Negara asalnya. Alat transportasi dalam perdagangan antarpulau pada zaman dahulu masih sederhana. Ukuran kapal pada zaman dahulu tidak sebesar seperti zaman sekarang sehingga daya angkutnya sangat terbatas. Selain itu, kapal mereka hanya digerakkan oleh manusia dan menggunakan layar. Dengan demikian, pelayaran mereka sangat bergantung pada arah angin. Karena terbatasnya sarana transportasi maka pelayaran mereka membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tempat tujuan. Keterbatasan sarana transporasi ini juga menimbulkan perdagangan berantai, artinya barang dagangan dari suatu daerah berpindah tangan dari pedagang yang satu ke pedagang yang lain, dari Bandar satu ke Bandar yang lain. Selain melakukan perdagangan berantai banyak juga pedagang yang melakukan perdagangan langsung dari daerah asal barang dagangan ke daerah yang membutuhkan, misalnya para pedagang Maluku berdagang rempah-rempah ke Jawa atau sebaliknya. Perdagangan langsung antarpulau tersebut biasanya dilakukan oleh para pedagang besar atau saudagar kaya. Dengan ramainya kegiatan perdagangan antar pulau, berkembang pula pusat perdagangan atau pasar. Pasar tersebut biasanya berada di kota pelabuhan dan di dekat keraton, sedangkan bila di pedesaan berada di tepi aliran sungai. Pasar di kota pelabuhan banyak dikunjungi para pedagang asing sehingga dinamakan pasar internasional. Pasar itu mengisi kas keuangan kerajaan. Raja memungut cukai dan pajak terhadap barang yang dijual. Sebaliknya, para pedagang dan pembeli mendapat perlindungan dan keamanan dari raja. Jadi, raja mengadakan pengawasan terhadap keamanan pasar dengan sebutan syahbandar.

Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus
ya boleh.
iya boleh ditnggu y?
tolong?
knpa blm di kirim d pesan?
2014-05-16T13:14:06+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Jalur yang ditempuh oleh para pedagang Cina disebut Jalan Sutra. Disebut Jalan Sutra karena komiditas dagang utama mereka adalah sutra. Jalur yang mereka tempuh adalah dari darat dan laut. Rute jalur darat adalah Cina, Asia Tengah, India dan Asia Barat. Jalur sutra yang kedua adalah yang melalui laut dan merupakan kelanjutan dari jalan Sutra darat, yaitu jalur perdagangan laut dari Teluk Persia sampai Laut Merah.

Pada awal tahun Masehi itu, para pelaut dunia telah mengenal dan dapat memanfaatkan angin musim dalam perjalanan pelayarannya. Mereka tidak perlu lagi berlayar menyusuri pantai. Diseberangilah Samudera Hindia dalam pelayaran mereka dari Laut Merah dan Teluk Persia ke India dan Selat Malaka dengan menggunakan angin musim barat daya.

tlong lagi ya.
jelaskan periodesasi dan historiografi sejarah perekonomian?