Jawabanmu

2014-01-26T14:29:29+07:00

Kata "tsunami" berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ('nami"). Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar. Tsunami terjadi ketika dasar laut mengalami kerusakan bentuk dan secara vertikal
mengubah posisi air yang datar. Gerakan vertikal yang besar dari patahan bumi dapat terjadi pada lapisan bumi.
Gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami. Patahan dasar laut menyebabkan equalibrum air menjadi terganggu. Semakin besar daerah patahan yang terjadi, semakin besar pula tenaga gelombang yang di hasilkan. Gelombang besar yang mengalir deras ke daratan inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.
Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang terbesar disebabkan oleh gelombang besar yang membanjir daratan. Gelombang ini ketika mengenai pemukiman manusia akan menyeret apa saja yang dilaluinya. Kadang, korban jiwa yang terjadi bukanlah karena disebabkan oleh ombak besar tsunami yang mengalir, tapi karena benturan dengan benda-benda yang dibawa gelombang tsunami. Selain itu, lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami menyebabkan manusia menjadi sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.

itu ada di buku cetak B.INDONESIA
2014-01-26T14:33:38+07:00
tsunami
Istilah "tsunami" berasal dari Jepang yang berarti pelabuhan ("tsu") dan gelombang ("nami"). Tsunamigk adalah serangkaian gelombang yang dihasilkan ketika air di danau atau laut dengan cepat dipindahkan dalam skala besar.

Tsunami dapat dihasilkan ketika tiba-tiba deformasi dasar laut dan vertikal menggusur air di atasnya. Seperti gerakan vertikal besar kerak bumi dapat terjadi pada batas lempeng. Subduksi gempa sangat efektif dalam menghasilkan tsunami, dan terjadi di mana lempeng samudera lebih padat menyelinap di bawah lempeng benua.

Sebagai massa air yang dipindahkan bergerak di bawah pengaruh gravitasi untuk mendapatkan

kembali keseimbangannya, ia memancarkan seberang lautan seperti riak di kolam.

Tsunami selalu membawa kerusakan besar. Sebagian besar kerusakan disebabkan oleh massa air besar di belakang bagian depan gelombang awal, karena ketinggian laut terus meningkat cepat dan kuat banjir ke daerah pesisir.