Sebelum melakukan pengolahan lahan,
tanah harus……..
a. Sanitasi
b. Dibajak
c. Digaru
d. Pemetaan lahan
e. Di ukur
2. Tujuan sanitasi pada tanah pertanian
adalah…..
a. Membersihkan gulma
b. Membersihkan hama dan penyakit
c. Membersihkan tanaman inang
d. Membersihkan tanaman induk
e. Membersihkan cabang tanaman
3. Tanaman sayuran yang menghasilkan buah
adalah ….
a. Kacang panjang, jagung, sawi
b. Kacang panjang, jagung, terong
c. Lombok, terong, sorgum
d. Lombok, terong, tomat
e. Terong, tomat, lobak
4. Pemilihan lahan budidaya tanaman sayuran
hendaknya memenuhi kriteria…
a. Struktur tanahnya relative padat dengan
tingkat kemasamnya relative netral
b. Kandungan bahan organiknya tinggi dengan
tingkat kemasaman rendah
c. Kandungan bahan hara mikro tinggi dengan
bahan organic sedang
d. Kandungan bahan organic lebih dari 25 %
dengan korositas rendah
e. Kandungan unsur hara seimbang, struktur
tanah dengantipografi datar
5. Lahan dengan luas 6000 m¬¬², ditanami
tanaman sayuran dengan jarak tanam 25 cm x
20 cm (efisiensi lahan 80%), maka populasi
tanaman sayuran pada lahan tersebut adalah…
a. 96.000
b. 97.000
c. 98.000
d. 99.000
e. 100.000
6. Pak ambang seorang petani karet yang
rajin, lahan pekarangan yang ada luasnya 1
ha, untuk menanan karet pak ambang perlu
alat untuk mengetahui jarak tanam tanaman
karet yang ingin ditanam pak ambang, alat
ukur yang digunakan pak ambang adalah
adalah…
a. Micrometer
b. Alat meteran
c. Penggaris
d. Neraca pegas
e. Jangka sorong
7. Tujuan pengolahan tanah adalah…
a. Memperbaiki tekstur tanah
b. Memperbaiki struktur tanah
c. Memperbaiki struktur dan tekstur tanah
d. Memperbaiki sifat kimia tanah
e. Memperbaiki sifat tanah agar ruang pori
terisi air dan udara seimbang
8. Pupuk Urea diberikan pada tanaman
bertujuan….
a. Untuk menambah unsur phospat (P)
b. Untuk menambah unsur kalium (K)
c. Menambah unsur nitrogen (N)
d. Menambah unsur phospat, kalium, dan
nitrogen
e. Menambah unsur Kalium
9. Kelebihan pupuk organik…
a. Mengandung unsur nitrogen
b. Mengandung unsur kalium
c. Mengandung unsur kalsium
d. Mengandung unsur makro dan mikro
e. Mengandung unsur hydrogen dan kalium
10. Pupuk buatanyang mudah menguap
adalah…..
a. SP-36
b. KCl
c. CO(NH2)2
d. Dolomite
e. KNO3
11. Kekurangan unsur kalium akan
mempengaruhi tanaman….
a. Batang tanaman tidak kokoh dan mudah
rontok
b. Warna daun menjadi hijau tua
c. Daun keriput
d. Daun mudah rontok
e. Tanaman kerdil
12. Benih yang bermutu memiliki criteria…..
a. Daya tumbuhnya baik
b. Daya tumbuh homogen dan produktifitas
tinggi
c. Produktifitas tinggi dan resistan terhadap
hama dan penyakit
d. Produktifitas tinggi, daya tumbuh tinggi dan
homogeny serta resistan terhadap hama
penyakit
e. Produktifitas tinggi, daya tumbuh tinggi dan
homogeny serta resistan terhadap hama
penyakit dan memiliki sifat genetis yang murni
13. Penanaman bahan tanaman dari biji pada
polibag dilakukan dengan cara…
a. Biji diletakkan diatas polibag
b. Biji diletakkan dipolibag kemudian ditutup
dengan tanah
c. Membuat lubang untuk meletakkan benih
kemudian ditutup dengan tanah
d. Membuat lubang ditengah permukaan
polibag untuk meletakkan biji kemudian
ditutup dengan abu
e. Meletakan satu biji per polibag ditengah
permukaan polibag bagian atas kemudian
ditutup
14. Untuk mengurangi intensitas cahaya yang
berlebihan, agar pertumbuhan bibit normal
maka dilakukan….
a. Membuat naugan
b. Melakukan penyiraman
c. Memasang ajir
d. Meninggikan bedengan persemaian
e. Melakukan pendangiran
15. Pengendalian hama dan penyakit pada
tanaman secara prefektif dapat dilakukan….
a. Memberikan pestisida
b. Melakukan drainase
c. Melakukan irigari
d. Melakukan sanitasi lahan
e. Melakukan irigasi dan drainase

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-15T20:46:45+07:00
1 b
2 b
3 e
4 e
5 -
6 b
7 c
8 d
9 a
10 -
11 e
12 e
13 e
14 d 
15 e
8 4 8
2014-05-15T20:47:05+07:00
1. D. pemetaan tanah
2. B . membersihkan hama dan penyakit
3. D
4.B
15. E

5 3 5