Jawabanmu

2014-05-15T19:30:58+07:00
Hidrokarbon dibagi menjadi 3 yaitu:
1. alkana - yaitu senyawa hidrokarbon yang mempunyai 1 ikatan/ikatan tunggal. memliki sifat: merupakan senyawa nonpolar, larut dalam pelarut nonpolar, lebih ringan dari air
2. alkena - yaitu senyawa hidrokarbon yang memiliki 2 ikatan/ikatan ganda. memliki sifat larut dalam air, memiliki sifat kimia oksidasi, adisi H2, adisi halogen.
3, alkuna - yaitu senyawa hidrokarbon yang memilki 3 ikaatan. memiliki sifat sama seperti alkana dan alkena.

2 3 2
2014-05-15T19:49:29+07:00
Alkana adalah hidrokarbon yang rantai C nya hanya terdiri dari ikatan kovalen tunggal saja. sering disebut sebagai hidrokarbon jenuh….karena jumlah atom Hidrogen dalam tiap2 molekulnya maksimal. Memahami tata nama Alkana sangat vital, karena menjadi dasar penamaan senyawa2 karbon lainnya. 
sifat-sifat alkana Hidrokarbon jenuh (tidak ada ikatan atom C rangkap sehingga jumlah atom H nya  maksimal) disebut golonganparafin karena affinitas kecil (sedikit  gaya gabung) sukar bereaksi bentuk alkana dengan rantai C1-C4 pada suhu kamar adalah gas, 
 C4 – C17  pada suhu adalah cair dan > C18  pada suhu kamar adalah padatTitik didih makin tinggi bila unsur C nya bertambah…dan bila jumlah atom C sama maka yang bercabang mempunyai titik didih yang lebih rendahSifat kelarutan : mudah larut dalam pelarut non polarMassa jenisnya naik seiring dengan penambahan jumlah unsur C merupakan sumber utama gas alam dan petrolium (minyak bumi)
 
2 3 2