Jawabanmu

2014-05-15T17:02:38+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
bagaimana serangga jantan yang dimandulkan dapat mengurangi populasi hama?
dengan dimandulkannya serangga jantan maka akan menjadikan sistem reproduksinya tidak akan berfungsi sehingga lama kelamaan hama akan mati dan tidak bisa memperbanyak keturunan
2014-05-15T17:05:51+07:00
Serangga hama hasil biakkan massal di laboratorium setelah dimandulkan dengan iradiasi gama dan dilepas di lapangan akan bersaing kawin dengan serangga hama di lapangan. Hama jantan mandul yang kawin dengan betina lapangan tidak menghasilkan keturunan, demikian juga lantan lapangan yang kawin dengan betina mandul, apalagi jantan mandul yang kawin dengan betina mandul. Bila beberapa generasi berturut-turut dilepaskan hama mandul sembilan kali jumlah hama lapangan maka dari generasi ke generasi populasi hama akan terus menurun sampai nol. TSM telah berhasil digunakan di berbagai negara untuk mengendalikan hama tertentu sampai musnah. Kelompok Hama PATIR,  dengan staf peneliti sebanyak tujuh orang, telah mengembangkan TSM untuk mengendalikan hama lalat buah, lalat ternak dan nyamuk. TSM untuk mengendalikan lalat buah Bactrocera carambolae telah dapat dikuasai, mengingat teknik pembiakkan massal lalat buah di laboratorium dengan kapasitas produksi jutaan per minggu telah berhasil dikembangkan, dinamika populasinya di kebun telah dipelajari, demikian juga teknik mass trapping hama ini dengan metil eugenol telah dikuasai. Teknik pembiakan lalat ternak di laboratorium juga sudah dapat dikuasai, sementara pembiakan nyamuk demam berdarah mulai dipelajari.
semoga membantu, maaf kalau salah