Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-15T11:02:51+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Jadiin yg terbaik ya...?
1.    Pengaruh Perluasan Kekuasaan Kolonial Terhadap Munculnya Nasionalisme Indonesia
Seiring dengan semakin luasnya kekuasaan kolonial di Indonesia, muncul perasaan senasib sepenanggungan yang dirasakan oleh rakyat di berbagai daerah. Penderitaan dan perlakuan kejam yang dilakukan pihak penjajah telah menyadarkan  rakyat di berbagai daerah bawa bangsanya terjajah. Hal inilah yang memunculkan semangat nasionalisme Indonesia. Semangat bahwa bahwa mereka harus melepaskan diri dari belenggu penjajahan.
2.    Pengaruh Perkembangan Pendidikan Barat Terhadap Munculnya Nasionalisme Indonesia
Salah satu dampak pelaksanaan Politik Etis adalah melahirkan golongan cerdik, karena berkat diselenggarakannya pendidikan (cendikiawan). Sekolah-sekolah yang ada pada waktu itu adalah HIS (Holands Inlandsche School) yang diperuntukkan bagi keturunan Indonesia asli yang berada pada golongan atas, sedangkan untuk golongan Indonesia asli dari kelas bawah disediakan sekolah kelas dua. Dalam pendidikan tingkat menengah disediakan HBS (Hogere Burger School), MULO (Meer Uiterbreit Ondewijs), AMS (Algemene Middlebared School). Di samping itu ada beberapa sekolah kejuruan/keguruan seperti Kweek School, Normal School. Adapun untuk pendidikan tinggi, ada Pendidikan Tinggi Teknik (Koninklijk Institut or Hoger Technisch Ondewijs in Netherlands Indie), Sekolah Tinggi Hukum (Rechshool), dan SekolahTinggi Kedokteran yang berkembang sejak dari Sekolah Dokter Jawa, Stovia Nias, dan GHS (Geneeskundige Hooge School). Pendidikan kesehatan (kedokteran tersebut di atas) yang sejak 2 Januari 1849 semula lahir sebagai sekolah dokter Jawa, kemudian pada tahun 1875 diubah menjadi Ahli Kesehatan Bumi Putra (Inlaends Geneekundige). Dalam perkembangannya pada tahun1902 menjadi Dokter Bumi Putra (Inlands Arts). Sekolah ini diberinama STOVIA (School Tot Opleideng Van Indische Artsen) kemudian pada tahun 1913 diubah menjadi NIAS (NetherlandsIndische Artesen School).
Dengan kemajuan di bidang pendidikan ini melahirkan golongan cerdik dan pandai yang mulai memikirkan perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi penjajah.
kamu mau cukup apa mau lagi...?
kalo bisa yang lengkap , tpi gak terlalu banyak penjelasannya ya..
farikhan.... kalo digabungin aja punyaku denagn punya mirandalaurensi
makasihh
(y)
2014-05-15T11:06:30+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Dampak kesadaraan dipengaruhi oleh golongan terpelajar di indonsia:

lau didirikan organisasi di jawa pertama kali yaitu :Budi utomo yang diperingati sebagai hari kebangkitan nasional tanggal20 mei
dan muncul sekolah sekolah yang menganut sistem nasionalisme untuk 
membuat rakyat bersatu dan cinta pada tanah air
banyak organisasi lain seperti:tri koro darmo,SI,jong sumater bond,
dlll


semoga membanTu:)
yang penting dari pikiran sendiri ,dan dari yang saya pelajari,mungkin jika kurang bermanfaat ,maaf :)
farikhan.... kalo digabungin aja punyaku denagn punya mirandalaurensi....
mirandalaurensi.... bagiku bermanfaat.... :)
makasih
ya,sama-sama :)