Jawabanmu

2014-05-15T05:17:22+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Prosesnya tergantung dari faktor penyebab dengkuran,,,

Posisi Tidur
Yang menyebabkan kita mendengkur adalah posisi tidur terlentang. Karena, posisi tidur yang seperti ini membuat potensi mulut terbuka akan lebih besar dan lidah akan terdorong ke dalam tenggorokan sehingga terjadi penyumbatan saluran nafas dan menimbulkan suara dengkuran.

Usia
Tenggorokan Anda akan mengalami penyempitan ketika usia Anda menginjak 30 tahun, di usia tersebut juga kekuatan otot tenggorokan mulai berkurang sehingga potensi Anda tidur mendengkur semakin besar. Sedangkan pada orang yang berusia lanjut, penyebab mendengkur dapat disebabkan karena beban fisik dalam bekerja yang terlalu berat sehingga menyebabkan kelelahan.


Obesitas
Orang yang memiliki kelebihan berat badan pada umumnya memiliki jaringan tenggorokan yang lebih besar. Pembesaran yang terjadi pada tenggorokan ini yang dapat mengakibatkan penyempitan saluran pernafasan dan menyebabkan mendengkur ketika tidur. Nah, untuk masalah mengatasi mendengkur untuk orang yang obesistas, Anda pasti sudah tau jawabannya, yaitu dengan diet dan olahraga. Namun perlu diperhatikan pada program pengurangan berat badan jangan sampai Anda jatuh sakit karena diet yang terlalu ketat atau olahraga yang berlebihan.


Gangguan pada
Hidung Jika Anda memiliki gangguan pada hidung seperti alergi, perubahan cuaca, infeksi sinus, atau polip maka mengakibatkan resiko Anda tidur mendengkur akan semakin besar. Hal tersebut memang karena mendengkur erat sekali kaitannya dengan kesehatan pernafasan dan organ pernafasan. Untuk itu segara konsultasikan kepada dokter atau lakukan tindakan medis untuk mengatasi ganggunan tersebut. Karena dengan adanya gangguan tersebut tidur Anda jadi kurang berkualitas karena di malam hari Anda selalu mendengkur.

Anatomi Tubuh
Pria memiliki resiko yang lebih besar dalam urusan mendengkur dibandingkan dengan wanita. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan saluran udara untuk bernafas pada pria yang lebih sempit dibandingkan dengan wanita. Saluran napas yang lebih sempit itulah penyebab sulitnya proses menghirup dan membuang napas, sehingga menyebabkan kaum pria lebih berpeluang mendengkur ketika tidur dibandingkan dengan dengan kaum wanita.

Kebiasaan Merokok
Kebiasaan merokok dapat mengganggu kesehatan salah satunya adalah timbulnya peradangan di tenggorokan dan pada saluran pernafasan. Peradangan inilah yang menyebabkan terjadinya mendengkur ketika Anda tidur. Jadi ada baiknya hindari kebiasaan buruk merokok agar tidur Anda lebih berkualitas.

Alkohol dan Obat-Obatan
 Alkohol yang dikonsumsi akan membuat otot-otot pada saluran pernafasan menjadi lebih rileks, memang kelihatannya baik untuk saluran pernafasan itu sendiri, namun yang sebenarnya terjadi adalah alkohol tersebut membuat saluran pernafasan terlalu rileks. Sehingga saluran pernafasan pun akan beristirahat dan kinerjanya tidak maksimal pada akhirnya akan menyebabkan mendengkur ketika tidur.




2014-05-15T05:33:14+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Mendengkur diakibatkan oleh terjadinya hambatan gerakan udara yang terjadi saat seseorang sedang tidur