Gas ideal monoatomik bertekanan 105 Pa volumenya 3 m3 dan suhunya 300 K. Mula-mula gas mengalami proses isokhorik tekanannya menjadi 1,5X105 Pa kemudian gas mengalami proses isobarik hingga volumenya menjadi 4,5 m3 dan Cv=3/2 nR.

a. lukis proses ini dalam grafik p-v

b. hitung suhu pada tiap-tiap akhir proses

c. hitung usaha total yang dilakukan gas

d. hitung kalor total yang diserap oleh gas

e. hitung perubahan energi dalam gas

2

Jawabanmu

2014-05-15T05:07:17+07:00
Gnakan rmus PV.nRT , PV/T, dn 3/2nKT
bagaimana untuk usaha, kalor dan energi dalam gas ?
Jawaban paling cerdas!
2014-05-15T11:09:08+07:00
A. udah digambar yaa

b. PV = nRT
 proses isokhorik -- volume tetap
maka P≈ 1/T atau jadi P_{1} T_{1} = P_{2} T_{2}
105.300 = 1,5x105.T_{2}
 T_{2} =  \frac{105.300}{1,5.105} = \frac{300}{1,5} 200 K
setelah suhunya menjadi 200K, prosesnya menjadi 
proses isobarik -- tekanan tetap
maka V ≈ 1/T atau jadi V_{1} T_{1} = V_{2} T_{2}
3.200 = 4,5.T_{2}
600 = 4,5.T_{2}
 T_{2} =  \frac{600}{4,5}133,3 K

c.  usaha (W) pada proses isokhorik = 0
     usaha (W) pada proses isobarik = p ΔV = 1,5x105 . (1,5) = 236,25 J
    maka usaha totalnya = 0 + 236,25 = 236,25 J

d. Untuk kalor yang diserap (Q), ada baiknya kita hitung dulu perubahan energinya karena ΔQ = ΔU + W

e. perubahan energi (ΔU) = 3/2nR = 3/2 (P-P')V = 3/2 (1,5x105 - 105)3 = 22,5 J
 maka kalor yang diserap
ΔQ = 22,5 + 236,25 = 258,75 J
1 5 1