Tentukan Penyelesian setiap pertidaksamaan berikut ini :

a. 1/2 x +3 > 9

b. 2/3 x =2 < 1/2

c. 2/3 x - 1/6 > 3/4

d. 2/3 x - x/2 > 1

e. x/3 + 2 > x/2

f. 4/x - 3 > 5/2x

g. 1/2 (x -1) < 5

h. 1/4 (2x -1 > 1/3 (2x + 1)

i. 1/3 ( x + 2) + 1/2 (x -1) >1

j. 2x+1 < x -1 + 3/2

5 2

2
gak .. tu salah ketik .. yang b itu .. 2/3 x +2 <1/2
i. 1/3 ( x + 2) + 1/2 (x -1) >1
x/3 + 2/3 + x/2 – ½ > 1
2x + 3x + 4 – 3 > 1
6 6
5x/6 + 1/6 > 1
5/6 X > 1 – 1/6
5/6 X > 5/6
X > 5/6 . 6/5
X > 1
1/3 ( x + 2) + 1/2 (x -1) >1
x/3 + 2/3 + x/2 – ½ > 1
(2x + 3x)/6 + (4 – 3)/6 > 1
5x/6 + 1/6 > 1
5/6 X > 1 – 1/6
5/6 X > 5/6
X > 5/6 . 6/5
X > 1

#edit
tinggal yg j. bentar ya
ya .. makasih ya

Jawabanmu

2014-01-26T11:19:15+07:00
A. 1/3 x > -3
         x > -3 : 1/3
         x > -9
b. 2/3 x < 1/2 -2
    2/3 x < -3/2
          x < -3/2 : 2/3
          x < -9/4
c. 2/3 x > 3/4 + 1/6
    2/3 x > 11/ 12
          x > 11/12 : 2/3
          x > 22/4



Jawaban paling cerdas!
2014-01-26T11:37:10+07:00
Ini ya, belom siap sih baru sampe g
nggak tau betul apa salah
bentar ya, iya nggak papa
makasih
j. (2x+1)/5 - (x-1)/2 < 3/2
(4x+2-5x-5)/10 < 3/2
(-x-3)/10 < 3/2
-2x-6 < 30
-2x < 36
x > -18
makasih
douitashimashite ^^