Diberikan layang layang ABCD dengan AC dan BD berpotongan di O Jika AO (x-3) BO (3x+2) CO (3x-6) AB (2x+5) BC (5x-10) dan keliling 130 cm hitunglah nilai x dan luas layang layang tersebut ! tolong pakai cara ya trimakasih

2

Jawabanmu

2014-05-14T15:44:50+07:00
2.(2x + 5) + 2.(5x-10) = 130
4x + 10 + 10x - 20 = 130
4x + 10x =130 - 10 + 20
14x = 140
x  = 140 : 14 = 14

AO =x - 3
       = 14 - 3 = 11
BO =3x + 2
     = 3.14 + 2 =30
CO = 3x - 6
       = 3.14 - 6 =36
panjang D1 = 30 + 36 = 66 cm
            D2 =11 + 11 = 22 cm

L = 66 cm x 22 cm = 1452  = 726 cm²
               2                 2
Jawaban paling cerdas!
2014-05-14T17:10:05+07:00
   Keliling   = (2 × s) + (2 × s)                      
     130      = (2 × 2x+5) + (2 × 5x-10)
     130      = (4x+10) + (10x-20)
     130      = (4x + 10x) + (10-20)
     130      = 14x + (-10)
14x +(-10) = 130 
     14x       = 130 + 10
     14x       = 140
       x         = 140 ÷ 14
       x         = 10 cm 
Panjang AO = x -3
                    = 10 - 3
                    = 7
Panjang BO = 3x + 2
                    = 3 × 10 + 2
                    = 32
Panjang CO = 3x-6
                    = 3 × 10 - 6
                    = 24
Diagonal 1 = 64 cm
Diagonal 2 = 31 cm
Luas = 1/2 × d1 × d2
         = 1/2 × 64 × 31
         = 32 × 31
         = 992 cm²

1 5 1