Jawabanmu

2014-05-14T11:00:44+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kolano Marhum (1465-1486), penguasa Ternate ke-18 adalah raja pertama yang diketahui memeluk Islam bersama seluruh kerabat dan pejabat istana. Pengganti Kolano Marhum adalah puteranya, Zainal Abidin (1486-1500). Beberapa langkah yang diambil Sultan Zainal Abidin adalah meninggalkan gelar Kolano dan menggantinya dengan Sultan, Islam diakui sebagai agama resmi kerajaan, syariat Islam diberlakukan, membentuk lembaga kerajaan sesuai hukum Islam dengan melibatkan para ulama. Langkah-langkahnya ini kemudian diikuti kerajaan lain di Maluku secara total, hampir tanpa perubahan. Ia juga mendirikan madrasah yang pertama di Ternate. Sultan Zainal Abidin pernah memperdalam ajaran Islam dengan berguru pada Sunan Giridi pulau Jawa, disana beliau dikenal sebagai "Sultan Bualawa" (Sultan Cengkih).

Jawaban paling cerdas!
2014-05-14T11:01:41+07:00
proses islamisasi dimaluku yaitu berawal karena kepulauan maluku terkenal akan hasil bumi yang melimpah sehingga sejak antik dikenal dan dikunjungi oleh para pedagang seantero dunia karna itupula islam lebih dulu masuk ke maluku sebelum ke makassar dan kepulauan lainnya , kerajaan ternate kerajaan terbesar dipulau ini islam masuk kewilayah ini sejak tahun 1444 sehingga saat portugis sehingga pada saat portugis mengunjungi ternate tahun 1512 raja ternate adalah seorang muslim yakni bayang ullah. Tidak ada sumber yang menjelaskan islam dtg ke maluku khususnya ternate tapi pada saat itu banyak pedagang arab yang bermukim di sana sehhingga mereka mengembangkan dakwah dengan sikap yang membaur dengan masyarakat sekitar. :)
1 5 1