Jawabanmu

2014-05-14T03:05:10+07:00
Pertama pahami dulu unsur intrinsiknya, bisa lewat alur, penokohan, jalan cerita, amanat, tema, latar (tempat, waktu, suasana), dan penggunaan pilihan katanya.
Kalo sudah paham, biasanya hal menariknya pasti ada :)
Kalo mau lebih luas lagi ada unsur ekstrinsik. Yang meliputi penulis, latar belakang penulisnya, atau alasan kenapa penulis itu bisa nulis novel yang kamu baca :)
1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-05-14T03:17:48+07:00
Untuk dapat mengomentari sebuah novel kamu dapat melakukan langkah-langkah:
1.     Bacalah novel secara keseluruhan ( dari situh bisa juga di lihat dari sang pembaca melihat hal menarik dari mana karena beda pembaca beda pula presepsi menariknya dimana).
2.     Membaca bagian pengantar novel dan biografi pengarang novel (biasanya dari biografi sudah terlihat sedikit apakah noovel tersebut menarik atau tidak)
3.     Meringkas isi novel (dari ringkasan bisa juga melihat hal menarik dari situ dan terukur karena biasanya meringkas sang pembaca mengambil hal menarik dari novel tsb)
4.     Menulis kelemahan dan keunggulan, pertanyaan, pendapat, kriitk atau saran terhadap isi novel (unsur instriksik dan ekstrinsik novel) dengan alasan yang logis
5.     Menulis manfaat novel bsgi pembaca (suatu novel pasti ada sesuatu hal yang ingin di sampaikan sang penulis coba cari manfaatnya biasanya di situ ada hal mearik juga)
6.     Menulis tanggapan terhadap novel (coba tulis tanggapan biasanya tanggapan itu pikiran sang pembaca dari hal yang menarik dari sebuah novel)
2 4 2