Jawabanmu

2014-05-13T20:30:02+07:00
Mengetahui materi yang disampaikan dengan referensi valid,memaparkan opini yang kronologis,singkat,jelas,padat dan informatif,mengemukaan opini terbaik,menyampaikan opini dengan cara yang baik/sopan,dan menghindari debat kusir.

maaf kalau salah
2014-05-13T20:36:23+07:00
1.Kuasai materi yang dibahas dengan referensi yang valid.
2.Paparkan opini yang kronologis, singkat ,jelas , padat dan informatip. Hindari debat-kusir.
1. Bicaralah secara santai, jangan menggunakan nada yang keras, anda pikir dengan suara keras orang akan mendengarkan anda tentu tidak, coba berbicara dengan santai dan sopan.

2. Jangan terlalu banyak bertele tele bicaralah dengan singkat padat dan jelas, karena dengan begitu orang akan lebih menghargai pembicaraan anda.

3. Jangan selalu mengalah jika ada orang yang menyela atau membantah pembicaraan anda, tetaplah pada perinsip anda, kecuali perinsip anda itu memang terbukti salah, dan jika anda salah berikanlah alasan yang logis mengapa anda bisa salah, agar orang lain tidak menganggap anda sebagai pembual omong ksong belaka.

4. Perbanyaklah atau selalu mengupdate pengetahuan anda karena dengan banyaknya pengetahuan anda bicara anda pun makin berisi bukan pembicaraan yang sia sia.

5. Dengar dan hargailah ketika orang lain berbicara, dengan begitu orang pun akan menghargai anda ketika anda sedang berbicara, karena sesungguhnya kita harus lebih banyak mendengar daripada berbicara.