Di jawab ya........

1. jika 2,4 x 10²³ molekul x₂ massanya adalah 60 gram,maka massa atom relatif x adalah.........?

2. Diketahui massa atom relatif (Ar) Cu = 63,5 O = 16 H = 1 S =32. Massa molekul relatif (Mr) Senyawa CuSO₄.5H₂O......?


2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-13T16:44:24+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. jika 2,4 x 10²³ molekul x₂ massanya adalah 60 gram,maka massa atom relatif x adalah.........?

N = mol . L  , L = bilangan avogadro = 6,02.10^23
N = gram/Ar . L
Ar = gram. L / N
Ar = 60 . 6,02.10^23 /(
2,4 x 10²³)
Ar = 60. 6,02/2,4
Ar = 150,5
2. Diketahui massa atom relatif (Ar) Cu = 63,5 O = 16 H = 1 S =32. Massa molekul relatif (Mr) Senyawa CuSO₄.5H₂O......?

CuSO4 . 5H2O  = 63,5 + 32 + 4.16 +5(2.1+ 16)
Mr = 63,5 + 32 + 64 + 90
Mr =249,5

1 5 1
2014-05-13T16:47:58+07:00
1. Mol = jumlah molekul/6,02 x 10²³
          = 2,4 x 10²³/ 6,02 x 10²³
          = 0,4 mol
  
  Massa = mol x Mr
          Mr = Massa/Mol
               = 60/0,4
               = 150


2. CuSO⁴.5H₂O

    1 x 63,5 = 63,5
    1 x 32 = 32
     4 x 16 = 64
     10 x 1 = 10
      5 x 16 = 80 ₊
                   249,5
2 3 2