Jawabanmu

2014-05-13T15:27:02+07:00
1.      Keanekaragaman tingkat ekosistem

Misalnya, wilayah pantai memiliki kadar garam yang lebih tinggi dibandingkan dengan danau. Olehkarena itu mahluk hidup yang mampu hidup di pantai akan berbeda dengan mahluk hidup yang di danau.

2.      Keanekaragaman tingkat jenis

Contoh keanekaragaman tingkat jenis dapat diamati pada famili  primata. Dalam famili primata memiliki jenis yang berbeda, diantaranya gorila, orang utan, lutung, owa, dan simpanse.

3.      Keanekaragaman tingkat gen

Contoh keanekaragaman tingkat gen pada mangga. Walaupun sama-sama mangga tetap ada perbedaan bentuk, warna, dan rasa.





1 3 1
2014-05-13T15:28:40+07:00
1. Keanekaragaman tingkat gen (genetika) 
Merupakan keanekaragaman yang terjadi antara individu satu dengan lainnya yang masih dalam satu spesies. Hal ini disebabkan adanya variasi komposisi atau susunan gen (DNA) pada masing-masing individu meskipun mereka satu spesies, sehingga di dunia ini tidak ada makhluk hidup yang sama persis. Misalnya, variasi dalam spesies ayam (Gallus gallus) yang meliputi ayam cemani (berwarna hitam), ayam bangkok putih, ayam arab, dan ayam kampung. 
2. Keanekaragaman tingkat jenis (spesies) 
Merupakan keanekaragaman individu yang berbeda spesies. Memperlihatkan adanya variasi bentuk, kenampakan, dan variasi sifat lainnya antara spesies satu dengan lainnya. Misalnya, variasi yang terjadi pada berbagai spesies unggas seperti ayam, bebek, itik, angsa, dan lain-lain. 
3. Keanekaragaman tingkat ekosistem 
Makhluk hidup yang beranekaragam baik bentuk, kenampakan, dan sifat-sifat lainnya berinteraksi dengan lingkungan abiotiknya dan dengan jenis-jenis makhluk hidup lainnya yang bervariasi akan membentuk berbagai macam ekosistem sehingga membentuk keanekaragaman ekosistem. Misalnya, keanekaragaman ekosistem di Indonesia mencapai ± 47 ekosistem yang berbeda. Beberapa ekosistem yang ada di Indonesia antara lain: ekosistem hutan bakau, ekosistem pantai, ekosistem hutan rawa gambut, dan ekosistem hutan hujan tropis.
1 5 1