Jawabanmu

2014-05-13T15:33:15+07:00
Mesjid Baitil karim terletak di kabupaten lampungtimur ibu kota Liwa.
2014-05-13T15:33:43+07:00
Provinsi Lampung, ternyata memiliki banyak objek wisata relegi. Sayangnya objek wisata tersebut belum terolah dengan baik. Padahal, kalau pengelolaannya dilakukan dengan baik, kemudian mendapat perhatian pemerintah setempat, objek wisata seperti itu bakal menjadi PAD daerah Lampung. 
Beragamnya objek wisata rohani itu antara lain makam Ratu Darah Putih di Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, dan makam Haji A. Bakar dan Subana di kawasan Suteng, Telukbetung, tepatnya di belakang Yayasan Sosial Meta Sarana.
Ada juga makam Syekh Ahmad Hasanudin yang ada di kaki Gunung Rajabasa, Kalianda, Lamsel yang masih memiliki silsilah keluarga dengan Sultan Hasanudin yang juga aktif menyebarkan agama Islam di Lampung Selatan. Atau makam K.H. Gholib, salah satu penyebar agama Islam yang cukup terkenal, khususnya di wilayah Tanggamus yang membuka Pondok Pesantren Gholib sampai masjid-masjid bersejarah yang ada di wilayah Lampung.
Dedikasi mereka tokoh-tokoh agama ataupun nilai historis yang dikandung masjid-masjid itu tak kalah jika dibanding dengan wisata rohani yang ada di pulau Jawa seperti makam-makam Wali Songo yang terkenal. Dinas Pariwisata terkait juga seolah kurang melihat peluang besar terhadap pengembangan objek wisata rohani yang ada di Lampung, bahkan jangankan untuk mengembangkan objek wisata rohani, untuk pengembangan objek wisata alam pun masih terkesan setengah-setengah, baru digarap dan dikerjakan dengan serius kalau ada event penting atau kunjungan pejabat ke tempat bersejarah itu.
Makam Ratu Darah Putih, misalnya, sepuh dalam silsilah keluarga Raden Intan dan memiliki banyak peranan penting terhadap penyebaran agama Islam di Lampung khususnya, kini kondisi makamnya sangat memprihatinkan. Lokasi makam yang terletak di daerah hutan kurang terawat hanya ditunggui kuncen (juru kunci) yang dengan sukarela merawat makam Ratu Darah Putih, sebagai kesan bahwa masih ada perhatian pemerintah hanyalah sebuah plang tentang keberadaan makam Ratu Darah Putih, itu pun sudah dipenuhi karat.