Jawabanmu

2014-05-13T15:18:46+07:00
Kerugian
1.Banyak pegawai yang curang dan korupsi
2.banyak gaji yang harus dibayar karena kekuasaannya luas
Keuntungan:
1.mendapat harga rempah-rempah lebih murah


keuntungan yg lo tulis itu salah bro
sorry tp gue itu menurut gue
Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus
bkn penjul ya tapi penjual
Jawaban paling cerdas!
2014-05-13T15:36:16+07:00
Kerugian:
1.)Harga rempah-rempah yg dibeli oleh VOC sudah ditentukan harganya,yaitu dengan harga yg sangat murah dan rakyat tidak boleh menolaknya
2.)Banyak rakyat yg miskin dan kelapaaran
3.)hasil rempah-rempah yg berlebihan akan dihancurkan oleh pihak VOC dari pelayaran Hongi.
Keuntungan:
 Menurut saya VOC tidak membawa keuntungan apa-apa untuk bangsa indonesia pada saat itu.
2 4 2