Jawabanmu

2014-05-13T13:59:15+07:00
Mulai tahun 1451 masehi atas perintah Ratu Isabella bangsa Spanyol mengadakan penjelajahan samudra, maka sampailah dikepulauan Maluku tahun 1522 masehi.
Dengan demikian di Maluku terjadi persaingan dagang antara bangsa Portugis dengan bangsa Spanyol. Untuk menghindari persaingan tersebut maka pada tahun 1528 masehi dikota  Saragosa (Spanyol) diadakan perjanjian. Isi perjanjian tersebut bahwa Portugis tetap melanjutkan perdagangannya di Maluku. Sedangkan Spanyol melanjutkan kegiatan dagangnnya di kepulauan Massava di Filipina.

2014-05-13T14:00:28+07:00
Kontak dengan Portugis dapat disebut kontak pertama Indonesia dengan Eropa. Pada era penjelajahan dunia baru Portugis yang telah mencapai Goa di India tertarik dengan rempah-rempah dan ingin berdagang dengan langsung mengambil dari sumbernya tanpa perantara. Oleh karena itu Portugis merebut Malaka yang menguasai selat sempit tempat berlalulalangnya kapal-kapal dagang terutama mengangkut rempah-rempah dari Kepulauan Nusantara. Peran Malaka waktu itu mirip dengan peran negara Singapura saat ini. Dari Malaka, Portugis mengirim ekspedisi menyusuri Sumatera, Jawa, hingga Maluku.Pada bulan April 1511, Albuquerque melakukan pelayaran dari Goa Purtugis menuju Malaka dengan kekuatan kira-kira 1200 orang dan 17 buah kapal. Peperangan pecah segera setelah kedatangannya dan berlangsung terus secara sporadis sepanjang bulan Juli hingga awal Agustus. Pihak Malaka terhambat oleh pertikaian antara Sultan Mahmud dan putranya, Sultan Ahmad yang baru saja diserahi kekuasaan atas negara namun dibunuh atas perintah ayahnya.Malaka akhirnya berhasil ditaklukan oleh Portugis.Albuquerque menetap di Malaka sampai bulan November 1511, dan selama itu dia mempersiapkan pertahanan Malaka untuk menahan setiap serangan balasan orang-orang Melayu. Dia juga memerintahkan kapal-kapal yang pertama untuk mencari Kepulauan Rempah. Sesudah itu dia berangkat ke India dengan kapal besar, dia berhasil meloloskan diri ketika kapal itu karam di lepas pantai Sumatera beserta semua barang rampasan yang dijarah di Malaka.        

Usaha Portugis dalam mengambil keuntungan dari kedatangannya ke Indonesia : 
- Portugis menguasai Malaka. 
- Portugis mengambil keuntungan dari perselisihan dan persaingan daerah untuk memperkuat kedudukannya. Contohnya ketika  Hitu bersengketa dengan Seram. Pertugis membantu Hit
terima kasih..
kontak perdagangan portugis ke indonesia adalah berdagang rempah-rempah dan berdagang lainnya.