Jawabanmu

2014-05-13T10:27:11+07:00
Sulfur oksida adalah senyawa kimia yang bisa dihasilkan dari:
1. Pembakaran bensin: karena bensin juga mengandung belerang
2. Gunung berapi
3. Pabrik-pabrik terutama pabrik asam sulfat.
4. Dll.
Rumus kimianya adalan SO2= belerang dioksida
SO3= Belerang trioksida
Sifatnya: kalau berekassi dengan iar menghasilkan asam:
SO2 + H2O -------------> H2SO3 = asam sulfit (asam lemah)
SO3 + H2O --------------> H2SO4 = asam sulfat (asam kuat)
Sehingga kalau gas-gas tersebut berada di udara bebas , jika terjadi hujan akan menyebabkan apa yang dinamakan hujan asam. Bahaya untuk kesehatan manusia, tanaman dan bangunan, Maka kurang pemakaian bahan bakar bensin, solar dll.
Pencemaran SOx menimbulkan dampak terhadap manusia dan hewan, kerusakan pada tanaman terjadi pada kadasr sebesar 0,5 ppm. Pengaruh utama polutan Sox terhadap manusia adalah iritasi sistem pernafasan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa iritasi tenggorokan terjadi pada kadar SO2 sebesar 5 ppm atau lebih bahkan pada beberapa individu yang sensitif iritasi terjadi pada kadar 1-2 ppm. SO2 dianggap pencemar yang berbahaya bagi kesehatan terutama terhadap orang tua dan penderita yang mengalami penyakit khronis pada sistem pernafasan kadiovaskular.
Individu dengan gejala penyakit tersebut sangat sensitif terhadap kontak dengan SO2, meskipun dengan kadar yang relatif rendah.

2014-05-13T10:28:31+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Berasal dari dua komponen sulfur bentuk gas yang tidak berwarna.

Dampak :
Dapat menyebabkan hujan asam. Air hujan yang masih dalam bentuk titik" air, memiliki permukaan yang luas. Ditambah energi matahari yang begitu intens di atas sana, menjadikan campuran air dan SO2 menjadi H2SO4.

Jika polutan SO2 terdapat dalam jumlah besar hingga sampai terhirup, maka penghirupnya dapat mengalami kesulitan bernafas dan berujung pada kematian.