Evaluasi Bab 6
1. Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Jelaskan apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut? Bagaimana jika kekurangan?
2. Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbarui. (Coret yang salah)
Cahaya Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui
Listrik Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui
Nuklir Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui
Air Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui
Batubara Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui
3. Bagaimana cara kerja kincir angin? Jelaskan!
4. Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan?
5. Olahraga teratur tetapi tidak berlebihan baik bagi kesehatan kita.

Gambar 6.31 olahraga
a) Apakah yang terjadi ketika otot sedang dilatih? Lingkari jawaban ”Ya” atau ”Tidak” pada setiap pernyataan di bawah ini.
143Ilmu Pengetahuan Alam
Apakah hal di bawah ini terjadi ketika otot dilatih/ bekerja?
Ya/Tidak
Otot menerima peningkatan suplai darah Ya / Tidak
Lemak terbentuk di otot Ya / Tidak
b) Mengapa kamu harus bernapas lebih dalam ketika sedang berolahraga daripada ketika sedang beristirahat?
c) Seseorang yang berolahraga sebelum mengonsumsi sejumlah makanan, akan merasa sangat keletihan. Mengapa hal itu terjadi? Jelaskan alasan jawaban kamu!
6. Sebutkan 3 contoh hasil penambangan perut bumi yang digunakan sebagai sumber energi!

tolong jawabin ya nanti smua tak kasih jawabna terbaik plisss

1

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-01-25T19:28:54+07:00
1.kekurangan Karbohidrat akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan badan, terutama bagi anak-anak selain itu dapat menimbulkan merasmus . kelebihannya adalah dapat menyebabkan Diabetes Melitus, bahaya itu bisa menimbulkan stoke.
2.Cahaya Dapat diperbarui
Listrik Dapat diperbarui
Nuklir Tidak dapat diperbarui
Air Dapat diperbarui

3.Kincir angin adalah sebuah mesin yang digerakkan oleh tenaga angin. Pada zaman dulu kincir angin digunakan untuk menumbuk biji-bijian/menggiling padi, memompa air, dan untuk mengairi sawah. Kincir angin modern adalah mesin yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik, disebut juga dengan turbin angin. Pada Prinsipnya kincir angin bekerja sebagai "Penerima Energi", artinya dia menerima energi (kinetik) dari angin dan merubahnya menjadi energi lain yang dapat digunakan seperti listrik. Angin yang datang akan menggerakan sayap kipas (baling-baling) pada kincir angin, sehingga sayap kipas akan berputar. Kemudian sayap kipas akan memutar poros di dalam nacelle (berbentuk tabung di belakang sayap kipas kincir angin). Poros dihubungkan ke gearbox (semacam roda bergerigi), di gearbox kecepatan perputaran poros ditingkatakan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi dalam gearbox. Gearbox dihubungkan ke generator yang akan merubah energi mekanik menjadi energi listrik. Dari generator energi listrik mengalir menuju transformer (alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan) untuk menaikan tegangannya. Naah, baru deh kemudian listrik dapat di distribusikan/disalurkan ke tempat yang membutuhkan.
4.enrgi fosil adalah energi yang berasal dari fosil-fosil hewan / tumbuhan .
karena energi tersebut tidak dapat diperbarui dan jika kita terus menggunakannya maka energi tersebut akan habis.
5.Yaa
yang bagian bawah aku ga ngerti:| maaf . segitu yang aku ngerti:)


50 4 50
iya gpp,makasih banyak ya kak
sama sama yaa:)
Jawaban batubaranya apa kak