Hujan zenithal, yaitu hujan yang sering terjadi di daerah sekitar ekuator, akibat pertemuan Angin Pasat Timur Laut dengan Angin Pasat Tenggara.

Hujan orografis, yaitu hujan yang terjadi karena angin yang mengandung uap air yang bergerak horisontal. Angin tersebut naik menuju pegunungan, suhu udara menjadi dingin sehingga terjadi kondensasi. Terjadilah hujan di sekitar pegunungan
Hujan zenithal terjadi akibat posisi matahari yang tegak lurus pada zenith

Jawabanmu

2014-05-12T23:23:38+07:00
Lain-lain - Ilmu SosialApakah yang dimaksud hujan orografis dan hujan zenital?

Jawaban Terbaik (Dipilih oleh Suara Terbanyak)

Hujan zenithal, yaitu hujan yang sering terjadi di daerah sekitar ekuator(khatulistiwa), akibat pertemuan Angin Pasat Timur Laut dengan Angin Pasat Tenggara. Kemudian angin tersebut naik dan membentuk gumpalan-gumpalan awan di sekitar ekuator yang berakibat awan menjadi jenuh dan turunlah hujan.Hujan ini dominan didaerah khatulistiwa
Hujan orografis, yaitu hujan yang terjadi karena angin yang mengandung uap air yang bergerak horisontal. Angin tersebut naik menuju pegunungan, suhu udara menjadi dingin sehingga terjadi kondensasi. Terjadilah hujan di sekitar pegunungan.Hujan ini,seperti yg sudah diuraikan,terjadi didaerah pegunungan.
23 3 23
2014-05-12T23:35:53+07:00
Zenithal;hujan yang menyebabkan udara permukaan yang naik karna pemanasan Matahari menjadi lebih dingin dan mengembun. 
orografis;hujan yang berubah sebab gerakan udara yang mengandung uap air teralang oleh pegunungan sampai massa udara itu dipaksa naik ke lereng pegunungan.
 

9 2 9