Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya aktif melakukan sesuatu. Sedangkan kalimat pasif adalah kalimat subjeknya dikenai sesuatu pekerjaan.
thanks....

Jawabanmu

2014-05-12T20:24:55+07:00
Kalimat aktif subjeknya adlh sbg pelaku, kalimat pasif subjeknya sbg penderita. Kalimat aktif predikatnya adlh me- ata ber, kalimat pasif adlh di-, ter, atau ter-kan
Jawaban paling cerdas!
2014-05-12T20:26:36+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
A. kalimat aktif : subjeknya melakukan pekerjaan
   dengan imbuhan : me - , ber -
ex : Andi membersihkan kelas

b. Kalimat pasif : subjeknya dikenai pekerjaan
   dengan imbuhan : di -
ex : Kelas itu dibersihkan oleh Andi