Jawabanmu

2015-10-24T14:18:00+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
   -Porifera berarti hewan berpori yang hidup di air laut dan air tawar. Filum Porifera terbagi menjadi 3kelas, yaitu Kelas Calcarea, Hexactinellida, Desmospongia.
·         -Cnidaria disebut juga Coelenterata karena mempunyai rongga besar di tengah-tengah tubuh. Cnidaria mempunyai sel-sel penyengat pada bagian epidermis. Mempunyai dua bentuk tubuh dalam hidupnya, yaitu polip dan medusa. Filum Cnidaria terbagi menjadi tiga kelas yaitu Kelas Hydrozoa, Scyphozoa, Anthozoa. ·         Platyhelminthes disebut juga cacing pipih, bertubuh lunak dan berbentuk seperti pita atau daun, bia-sanya merugikan karena menjadi parasit pada Vertebrata. Filum Platyhelminthes terbagi menjadi  tiga kelas yaitu Kelas Turbelaria, Trematoda, Cestoda.
·         -Nemathelminthes berarti cacing benang atau cacing tambang karena tubuh tidak beruas-ruas  dan sel pencernaan sudah berkembang sempurna. Habitat cacing ini di air, tanah dan parasit pada vertebrata. Filum Nemathelminthes terbagi menjadi dua kelas, yaitu Kelas Nematoda dan Nematomorpha.
·         -Annelida berarti cacing cincin atau gelang, karena tubuhnya bersegmen seolah seperti sederetan cincin memanjang. Annelida bermanfaat bagi kehidupan manusia seperti penyubur tanah, sebagai  sumber makanan, berperan dalam bidang medis dengan zat hirudin dan lain-lain. Filum Annelida terbagi menjadi tiga kelas, yaitu Kelas Oligochaeta, Polychaeta, Hirudinea.
·        - Mollusca berarti hewan bertubuh lunak, berbentuk bulat simetris dan tidak bersegmen. Habitatnya di air laut, air tawar, dan darat. Sebagaian besar jenis Mollusca mempunyai cangkang (mantel), tetapi ada yang tidak punya mantel seperti guruta. Filum Mollusca terbagi menjadi 5 kelas, yaitu Kelas Amphineura, Gastropoda, Scaphopoda, Pelecypoda, dan Cephalopoda. - ·        - Echinodermata berarti hewan berduri, merupakan hewan yang tidak memiliki segmen, kulitnya ber-duri dan tersusun atas lempeng-lempeng zat kapur. Sebagian besar anggota Echinodermata dapat bergerak aktif, tetapi ada pula yang menetap seperti tumbuhan. Filum Echinodermata terbagi men-jadi lima kelas, yaitu Kelas Arachnoidea, Echinoidea, Ophiuroidea, Crinoidea, dan Holothuroidea.
·         -Arthropoda merupakan hewan yang mempunyai tubuh dan kaki bersegmen-segmen. Jumlah kaki mengalami modifikasi sesuai dengan kelasnya. Hewan ini memiliki keanekaragaman terbesar di dunia. Filum Arthropoda dibagi menjadi empat kelas, yaitu Kelas Crustacea, Insecta, Myriapoda,dan Arachnida. ·         Chordata merupakan hewan yang memiliki chorda dorsalis yang memanjang menjadi kerangka  sumbu tubuh. Filum Chordata terbagi menjadi lima kelas, yaitu Kelas Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves,dan Mamalia.
Peran Kingdom Animalia
Pada Porifera, banyak organisme anggotanya yang memiliki peran bagi manusia yaitu : 1.     Sebagai alat pembersih badan (Spongia) ataupun mencuci barang, Contohnya adalah kelas Calcarea, Euspongia sp, 2.     Komoditas perdagagan, Contohnya adalah Spongilla sp. 3.     Secara umum Porifera merupakan Penyusun terumbu karang (koral) sehingga memiliki fungsi ekologis yang penting bagi ekosistem perairan laut.
Coelenterata juga merupakan penyusun terumbu  karang(koral) sehingga mempunyai fungsi ekologis. Karena keindahannya juga, dapat dimanfaatkan sebagai wisata bahari untuk mendatangkan devisa bagi Negara.
Mollusca banyak yang menguntungkan, di antaranya sebagai sumber makanan bergizi tinggi bagi kita, seperti cumi-cumi dan kerang yang kaya akan protein. Mollusca juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi seperti pada kerang penghasil mutiara.


Echinodermata merupakan hewan pemakan bangkai dan kotoran hewan di laut sehingga ia mempunyai peran sebagai pembersih lingkungan laut terutama pantai. Secara ekonomis ia hanya sedikit sekali manfaatnya bagi manusia. Beberapa jenis dapat digunakan sebagai bahan makanan, misalnya teripang, dan kerangka dari beberapa jenis Echinodermata dapat digunakan sebagai bahan hiasan.
Arthropoda memiliki peranan yang penting bagi kehidupan manusia. Beberapa dapat dijadikan sumber makanan bagi manusia, seperti udang dan kepiting. Kupu-kupu dan serangga lainnya pun sangat bermanfaat untuk membantu proses penyerbukan pada tumbuhan. Ada juga lebah yang menghasilkan madu yang dapat dikonsumsi dan menjadi obat untuk tubuh kita.
Pada Vertebrata, mulai dari Pisces hingga Mammalia, sudah memiliki  manfaat yang jelas bagi manusia. Pisces merupakan sumber protein yang tinggi bagi manusia.Amphibia dan Reptilia juga memiliki peranan tersendiri dalam keseimbangan alam di bumi ini. Aves dan Mammalia sangat berguna untuk manusia karena dapat dimanfaatkan, baik telur maupun dagingnya.