Penggunaan detergen secara besar-besaran akan meningkatkan kadar senyawa fosfat di perairan.di sungai dan didanau senyawa fosfat ini merangsang pertumbuhan tumbuhan eceng gondong dan alga.pertumbuhan ganggang dan eceng gondong yang tidak terkendali menyebebkan permukaan air dan danau atau sungai tertutup sehingga menghalangi masuknya cahaya matahari ke dalam badan perairan.akibatnya tumbuhan dan hewan yang hidup di badan perairan tersebut mati. Dari bacaan tersebut,jelaskan 2 dampak pencemaran detergen.

1

Jawabanmu

2014-05-12T15:23:41+07:00
1. Eutrofikasi dan pengurangan oksigen
Gugus fosfat sukar diurai oleh bakteri, tetapi merupakan sumber nutrien bagi algae dan tumbuhan air, khususnya di perairan tawar. Meningkatnya kadar fosfat menyebabkan eutrofikasi (penyuburan) algae hijau biru (Microsystis aeruginosa, Anabaena sp dan Oscillatoria sp), algae prymnesium parvum dan bakteri clostridium butolinumPendangkalan perairan
2. Deterjen (ABS dan LAS) merupakan salah satu sumber fosfor dalam perairan. Di Inggris, 47-55% fosfor yang masuk ke perairan berasal dari deterjen. Di Amerika, 40-70% limbah fosfor berasal dari deterjen.
Masuknya fosfor ke perairan, tidak semuanya segera dimanfaatkan oleh mikroorganisme. Karena sukarnya gugus fosfor diurai, sebagian tertimbun di perairan, makin lama makin banyak. Ini dapat menimbulkan pendangkalan. Warna hitam di dasar perairan merupakan bukti pengendapan unsur fosfor.

2 4 2