Jawabanmu

2014-01-25T12:01:36+07:00
Culture stelsel itu ku lupa
tapi kalo benteng stelsel itu ku inget banget, itu siasat yang dilakukan belanda menghadapi serangan rakyat aceh.. devinisinya yaitu pertahanan terhadap benteng benteng milik Belanda, tapi siasat itu tidak berpengaruh terhadap rakyat aceh... karna benteng stelsel gak berhasil, belanda mengirim mata-mata untuk menangkap tokoh-tokoh aceh, siasat ini berhasil menghentikan perlawanan rakyat aceh...

SEMOGA BERMANFAAT..
JANGAN LUPA JADIIN YANG TERBAIK
3 5 3
2014-01-25T12:37:31+07:00
culture stelsel adalah undang-undang yang diberlakukan oleh pemerintah kolonial Belanda yang mewajibkan rakyat Indonesia menanam tanaman komoditi perkebunan, yang berlangsung sejak 1830-1970. Kenyataannya: Memang benar tanam paksa diadakan pada tahun sekitar itu, tetapi culture stelsel bukan berarti tanama paksa, melainkan aturan tanam baru yang dikeluarkan Belanda. Jadi istilah tanam paksa itu keluar dari kaum kita.

Benteng Stelsel atau Aturan Benteng merupakan sebuah strategi perang yang diterapkan oleh Belanda untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Siasat perang ini dicetuskan oleh Jenderal de Kock, kemudian diterapkan pada Perang Diponegoro dan atas kemenangan Belanda dalam perang tersebut, strategi ini kembali digunakan dalam Perang Padri.

3 3 3