Jawabanmu

2014-05-11T20:43:35+07:00
Kerajaan yang mngenut aliran agama hindu dari dewa siwa.
Jawaban paling cerdas!
2014-05-11T20:46:22+07:00
Dinasti Isyana merupakan kelanjutan dari Kerajaan Mataram di Jawa Tengah. Pendirinya adalah Mpu Sendok (929 – 947) dengan ibukota Watugaluh. Serangan Dinasti Isyana terhadap Sriwijaya pada tahun 1003 pada masa Dharmawangsa Teguh (992 – 1016) dan berhasil menguasai selat malaka. Dan pada tahun itulah terjadi peristiwa “Pralaya” (kehancuran),yaitu peristiwa serangan mendadak terhadap Dinasti Isyana yang dilakukan oleh raja Haji Wurawari atas perintah Sriwijaya, pada saat perkawinan antara putri dharmawangsa dengan Airlangga dari Bali.Seluruh anggota keluarga Dharmawangsa gugur kecuali Airlangga. Airlangga berhasil naik tahta (1019 – 1042) dengan ibukotanya Wutan Mas. Ia berusaha mempersatukan kembali bekas kerajaan Dharmawangsa yang terpecah belah. Pada masa pemerintahan Airlangga ,Dinasti Isyana mencapai puncak kejayaannya.
1 5 1